Minggu 31 Mei 2020, 23:37 WIB

Andalkan Kecerdasan Buatan Microsoft Hentikan Jurnalis

Antara | Humaniora
Andalkan Kecerdasan Buatan Microsoft Hentikan Jurnalis

AFP/Jason
Redmond Logo Microsoft

 

MICROSOFT memberhentikan puluhan jurnalis dan pekerja editorial di Microsoft News dan organisasi MSN, ketika raksasa teknologi ini akan mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk membuat konten dan berita.

PHK adalah bagian dari dorongan yang lebih besar oleh Microsoft untuk mengandalkan kecerdasan buatan untuk mengambil berita dan konten yang disajikan di MSN.com, di dalam browser Microsoft's Edge, dan di berbagai aplikasi Microsoft News, The Verge melaporkan, dikutip Minggu (31/5).

Banyak pekerja yang terpengaruh adalah dari divisi Microsoft SANE (pencarian, iklan, Berita, Edge) dan dikontrak sebagai editor manusia untuk membantu memilih cerita. "Seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi bisnis kami secara teratur," kata juru bicara Microsoft dalam sebuah pernyataan.

“Ini dapat menghasilkan peningkatan investasi di beberapa tempat dan, dari waktu ke waktu, penempatan kembali di tempat lain. Keputusan ini bukan hasil dari pandemi saat ini."

Microsoft menegaskan bahwa PHK ini tidak terkait langsung dengan pandemi yang sedang berlangsung, bisnis media di seluruh dunia telah terpukul oleh pendapatan iklan yang merosot di TV, surat kabar, online, dan banyak lagi.

Business Insider pertama kali melaporkan PHK pada hari Jumat, dan mengatakan bahwa sekitar 50 pekerja terpengaruh di AS.

Pengurangan pekerja Microsoft News juga mempengaruhi tim internasional, dan The Guardian melaporkan bahwa sekitar 27 orang diberhentikan dari pekerjaannya di Inggris setelah Microsoft memutuskan untuk berhenti mempekerjakan manusia untuk membuat artikel di laman-laman mereka. (OL-12)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Ajari Anak Menyikapi Media Sosial

👤Ihfa Firdausya 🕔Jumat 10 Juli 2020, 14:13 WIB
PEMBELAJARAN jarak jauh selama masa pandemi covid-19 menjadikan intensitas anak mengakses gawai mengalami...
MI/Andri Widiyanto

Minggu Besok, Gereja Katedral Jakarta Kembali Dibuka

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Jumat 10 Juli 2020, 14:03 WIB
Meski diizinkan untuk dibuka, Keuskupan Agung Jakarta akan melakukan evaluasi secara berkala. Sehingga, umat dapat mengikuti misa dengan...
MI

Menristek Setujui 139 Riset Covid-19 Tahap II Senilai Rp27,3 M

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 10 Juli 2020, 13:55 WIB
 Anggaran riset ini berasal dari dana abadi penelitian Lembaga Pengelola Dana Pendidikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya