Minggu 31 Mei 2020, 19:00 WIB

Pentingnya Melakukan Rapid Test Massal

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Pentingnya Melakukan Rapid Test Massal

Antara/Destyan Sujarwoko
Rapid test di Tulungagung

 

Juru Bicara Teknis Gugus Tugas Penangan Covid-19 Sulteng, dr. Jumriani mengatakan ada tiga daerah yang sudah menjadi transmisi lokal di Sulawesi Tengah (Sulteng), yakni Kota Palu, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Buol.

"Oleh karena itu Gugus Tugas Covid Provinsi perlu memberikan dukungan dalam melakukan rapid test secara massal di daerah itu," kata Jumriani, Minggu (31/5).

Dia menyebutkan ketiga daerah tersebut masuk zona transmisi lokal menurut hasil penelitian epidemologi yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Palu, Poso, dan Buol. Hasil penelitian sudah dilaporkan ke pusat, sehingga pusat menetapkan daerah tersebut sebagai daerah zona transmisi lokal.

"Syukur beberapa daerah sudah melaksanakan rapid test secara masif. Misalnya di Buol, Tolitoli, Poso, Parigi Moutong, dan beberapa daerah lainnya. Gugus Tugas Provinsi men-support pelaksanaan rapid test yang masif," katanya.

Baca juga: Ganjar Siap Antarkan Staf yang Korupsi saat Penanganan Covid-19

Oleh karena itu, Jumriani menilai keliru bila ada anggapan bahwa Dinkes Provinsi melakukan intervensi terhadap Kota Palu untuk melakukan rapid test masif.

"Jadi, kalau ada daerah seperti Kota Palu tidak sependapat dengan hal tersebut, yang menyatakan Kota Palu sudah transmisi lokal, sebaiknya disampaikan kepada Kementrian Kesehatan," tegasnya.

Jumriani membenarkan bahwa daerah yang masuk transmisi lokal, yaitu Buol, Poso, dan Palu diimbau untuk melakukan rapid test secara massal, bukan hanya Palu.

"Yang kita takutkan adalah OTG (orang tanpa gejala) yang akan menjadi penyebab penularan, sehingga dikhawatirkan akan terjadi penularan yang sangat besar. Oleh karena itu, begitu penting rapid test massal untuk dilakukan," pungkas Jumriani. (OL-14)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:01 WIB
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi mengaku masalah irigasi ini memang menjadi hal yang paling krusial untuk meningkatkan hasil...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

KLHK Tetapkan Dua Tersangka Aktor Intelektual Pembalakan Ilegal

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:53 WIB
AL 37 dan HS 30. adalah dua tersangka yang memberi modal dan memerintahkan tiga orang untuk menebang kayu di sejumlah wilayah hutan...
MI/Denny S

Pasien Covid yang Sembuh di Kalsel Hampir 1.000 Orang

👤Denny Susanto 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:23 WIB
Tim Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terus melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus korona di seluruh wilayah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya