Minggu 31 Mei 2020, 18:20 WIB

Lima Perbatasan di Tasikmalaya Tetap Dijaga TNI dan Polri

Kristiadi | Nusantara
Lima Perbatasan di Tasikmalaya Tetap Dijaga TNI dan Polri

Antara/Adeng Bustomi
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman (tengah) didampingi sejumlah anggota Tim Gugus Tugas Percepatan Covid-19

 

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya telah memutuskan untuk menerapkan kenormalan baru (new normal) atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) pada Selasa 2 Juni 2020. Pemberlakuan ini lantaran Kota Tasikmalaya telah masuk ke dalam level 2 atau zona biru penyebaran covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

Wali Kota Tasikmalaya selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19, Budi Budiman mengatakan new normal bukan berarti seluruh kegiatan kembali seperti biasa tanpa adanya protokol kesehatan.

"Warga harus melakukan protokol kesehatan dalam melakukan semua aktivitas," kata Budi, Minggu (31/5).

Namun, lanjutnya, pos penyekatan di pusat kota tidak lagi beroperasi. "Petugas akan langsung memantau penerapan protokol kesehatan ke objek-objek seperti pasar, kawasan pertokoan, dan mal," tuturnya.

Baca juga: Ganjar Siap Antarkan Staf yang Korupsi saat Penanganan Covid-19

Menurut Budi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Tasikmalaya masih tetap melakukan penyekatan di lima titik di batas kota. "Di wilayah Indihiang, Karangresik, Kawalu, Mangkubumi dan Awipari karena selama ini ada 6 kelurahan dalam status zona merah," papar Budi.

Setiap warga yang hendak masuk ke wilayah Kota Tasimalaya, imbuhnya, harus menunjukkan surat keterangan sehat dan bukti hasil uji cepat (rapid test) covid-19. "Karena kita ingin warga yang masuk itu tidak menjadi imported case. Ini merupakan pemerintah untuk menyelamatkan rakyatnya," ujarnya.

Hingga kini, kata Budi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat 48 kasus positif covid-19. "Ada 24 orang terkonfirmasi melalui swab test dan 24 orang melalui rapid test. Dari 48 orang, 37 orang dinyatakan telah sembuh, tapi 8 pasien masih dalam perawatan dan 3 orang meninggal dunia," jelas Budi.

Ada penambahan satu kasus positif covid-19. "Dia warga Kota Tasikmalaya yang bekerja di toserba di Kabupaten Ciamis. Kini, pasien tersebut yang sedang dirawat masih menunggu hasil swab kedua. Mudah-mudahan hasilnya negatif," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Istimewa

Antisipasi Kemarau, Pemkab Banyumas Siapkan Puluhan Embung

👤Lilih Darmawan 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:55 WIB
Salah satu embung berada di Desa Piasa Kulon dengan panjang 90 meter,  lebar 60 meter dan kedalaman 2 meter. Embung tersebut mampu...
DOK MI

Pemkab Tuban Waspadai Munculnya Klaster Baru

👤M Yakub 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:45 WIB
Hingga saat ini jumlah korban meninggal akibat korona berjumlah 30 orang. Dalam dua hari terakhir terdapat dua warga yang meninggal setelah...
DOK MI

Berkedok Ajari Ilmu Mistik, Seorang Pemuda Cabuli Puluhan Anak

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 07 Juli 2020, 03:20 WIB
Terungkapnya kasus tersebut berawal dari laporan keluarga salah seorang korban ke Satreskrim Polres Sukabumi pada 28 Juni...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya