Minggu 31 Mei 2020, 17:43 WIB

Lebaran Topat Lokasi Wisata Lombok Barat Sepi

Yusuf Riaman | Nusantara
Lebaran Topat Lokasi Wisata Lombok Barat Sepi

MI/Yusuf Riaman
Taman Narmada

 

PEMERINTAH Kabupaten Lombok Barat merasa lega karena masyarakat patuh tidak mendatangi sejumlah lokasi wisata pada even Lebaran Topat yang berlangsung pada Minggu (31/5)

Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid saat meninjau Taman Narmada mengaku bersyukur masyarakat ternyata patuh pada imbauan pemerintah agar Lebaran Topat tahun ini warga tidak mendatangi lokasi-lokasi wisata seperti yang selama ini dilakukan.

"Alhamdulillah himbauan dari pemerintah daerah Lombok Barat, ditaati oleh masyarakat," kata Fauzan.

Sejumlah titik wisata yang biasanya ramai dikunjungi nampak sepi di antaranya Pantai Cemare-Lembar, Pantai Endok-Gerung, Makam Gunung Sasak-Kuripan, dan Taman Narmada serta Sesaot, keduanya di Kecamatan Narmada termasuk kawasan wisata Senggigi.

Yang tampak adalah para petugas yang berjaga-jaga dari unsur TNI-Polri, Pol PP, unsur kecamatan, kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Jauh-jauh hari Dinas Pariwisata, Pemkab Lombok Barat telah menutup sejumlah lokasi wisata sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (covid-19)

Dikatakan Fauzan, untuk melakukan pemantauan, Pemkab Lombok Barat membentuk lima tim, satu tim melakukan monetoring ke dua kecamatan hingga seluruh tim menjangkau 10 kecamatan yang ada di Lombok Barat.

"Laporan dari teman-teman di lapangan parameternya arus lalu lintas sekitar seperlima dari tingkat kepadatan kendaraan yang biasanya setiap kali perayaan Lebaran Topat, begitu juga di tempat-tempat wisata," ujar Bupati

 Seperti arah Taman Narmada misalnya, biasanya membludak dan macet dua hingga tiga kilometer, sekarang tidak terjadi

"Dan yng sangat membanggakan kita Pokdarwis, Linmas dari masing-masing desa, pemuda-pemudanya ikut aktif mengawal membantu supaya himbauan dari pemerintah benar-benar ditaati dan alhamdulillah sangat efektif," paparnya.

Bupati juga optimistis covid-19 ini akan cepat berlalu hingga tempat-tempat wisata di Lombok Barat bisa dibuka kembali.

Baca juga :Sumut Dinilai Belum Layak Terapkan New Normal

Dikatakannya, masih sedang didiskusikan kemungkinan segera dibuka kembali lokasi wisata seperti Taman Narmada dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

"Saya belum jawab dan akan kita pertimbangkan," ujar Fauzan.

Kalau itu terjadi, lanjutnya, akan bisa menjadi salah satu contoh bagaimana protokol covid-19 itu benar-benar dilaksanakan

"Ini juga akan sesuai dengan yang didengung-dengungkan saat ini, New Normal atau situasi Normal Baru," ujarnya yaitu aktivitas seperti biasa namun dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H. Saepul Akhkam mengatakan, imbauan untuk menutup tempat-tempat wisata dilakukan sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Diakui Akhkam, pihaknya bersama unsur TNI-Polri, Pol PP, dan stakeholder terkait telah melakukan pemantauan kesiapan penutupan lokasi-lokasi wisata.

"Kita tidak mau kecolongan, momen Lebaran Topat adalah momen yang sangat ramai, dan sangat potensial terjadinya penyebaran Covid-19, kita hindari itu," ujar Akhkam yang juga Plt. Kabag Humas dan Protokol Lombok Barat ini (OL-2)

Baca Juga

DOK MI

Protokol Kesehatan Diabaikan, Positif Covid-19 Terus Bertambah

👤Dwi Apriani 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:40 WIB
Bertambahnya kasus positif covid-19 salah satu penyebabnya adalah karena masyarakat Sumsel sudah mulai tidak disiplin dalam menerapkan...
ANTARA/Septianda Perdana

MPLS di Sejumlah Wilayah di Jateng Dilaksanakan Secara Daring

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:30 WIB
Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan secara daring karena sampai sekarang kasus Covid-19 masih tetap...
Antara

Cariu Bogor Kembali jadi Zona Hijau

👤Antara 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:21 WIB
GTPP covid-19 Kabupaten Bogor mencatat, hingga Minggu (12/7), ada tiga kecamatan berstatus zona hijau, dua lainnya yaitu Kecamatan Tenjo...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya