Minggu 31 Mei 2020, 10:59 WIB

Masjid Al Aqsa di Palestina Kembali Dibuka Hari Ini

Deri Dahuri | Internasional
Masjid Al Aqsa di Palestina Kembali Dibuka Hari Ini

AFP/Ahmad Gharabli
Masjid Al Aqsa telah dibuka kembali pada Minggu (31/5) setelah ditutup selama lebih dari dua bulan karena pandemi virus korona.

 

MASJID Al-Aqsa di Yerusalem, Palestina adalah satu dari tiga masjid paling suci bagi umat Islam setelah Masjid Al Haram atau Masjidil Haram di Makah, Arab Saudi, dan Masjid An Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Masjid Al Aqsa telah dibuka kembali pada Minggu (31/5) setelah ditutup selama lebih dari dua bulan karena pandemi virus korona.

Seorang wartawan AFP mengatakan para jamaah yang mengenakan masker diizinkan memasuki kompleks Masjid Al Aqsa saat hendak salat subuh.

Para jemaah pun mengucapkan ‘Allahuakbar,  kami akan melindungi Al-Aqsa dengan jiwa dan darah kami." Kedatangan para jemaaah yang hendak salat subuh pada Minggu (31/5) disambut Ketua Masjid Al Aqsa  Omar al-Kiswani yang juga berterima kasih kepada para jamaah yang telah bersabar.

Kompleks Masjid Al Aqsa  yang terletak di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel, ditutup pada Maret 2020 sebagai bagian dari langkah-langkah untuk membatasi penyebaran virus korona.

Masjid Al Aqsa memiliki sejarah terkait dengan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekah, Arab Saudi ke Masjidil Aqsa di Palestina yang diteruskan ke sidratul muntaha. Peristiwa tersebut dikenal dengan nama Isra Mir’aj.

Namun saat Idul Fitri 1414, sempat terjadi bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina yang hendak melaksakan salat Ied. Para jemaah hendak melaksanakan salat Ied tetapi aparat keamanan isreal mengusir dan melarang kedatangan jemaah.   

Kompleks Masjid Al Aqsa dikenal pula dengan nama Haram Al  Sharif yang berada di bawah pengawasan pemerintah Yordania yang menguasai Tepi Barat, termasuk Yerusalem timur  hingga pendudukan oleh Israel dalam perang enam hari pada tahun 1967.

Dengan menurunkan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di wilayah Israel dan Palestina, pelonggaran lockdown pun dilakukan. (AFP/OL-09)

Baca Juga

AFP/ROSLAN RAHMAN

PDB Turun 41,2% di Kuartal II, Singapura Alami Resesi Ekonomi

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:15 WIB
Singapura telah memasuki resesi teknis setelah ekonominya mengalami kontraksi 41,2% pada kuartal II dari tiga bulan...
AFP/GREG BAKER

Beijing: Penelusuran Asal Virus Covid Harus Lampaui Banyak Negara

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:35 WIB
Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan bahwa penularan asal virus yang menyebabkan pandemi global covid-19 saat ini harus melampaui...
AFP/Ozan KOSE

Moskow Sesalkan Keputusan Turki Soal Hagia Sophia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:12 WIB
Hagia Sophia, bulan ini, akan dibuka kembali sebagai masjid, setelah selama sembilan dekade berstatus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya