Minggu 31 Mei 2020, 09:27 WIB

Mendagri Ajak Kepala Daerah Kembangkan Semangat Kewirausahaan

Mendagri Ajak Kepala Daerah Kembangkan Semangat Kewirausahaan

Antara/Apkasi/pri
Pengurus Apkasi dan Apeksi mendengarkan arahan Mendagri, Tito Karnavian melalui video conference.

 

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak kepala daerah untuk mengembangkan semangat entrepreneurship atau kewirausahaan di wilayah masing-masing saat pandemi Covid-19.

“Kemampuan yang perlu dimiliki seorang kepala daerah adalah kemampuan entrepreneurship, kemampuan untuk berwirausaha dalam rangka untuk menangkap peluang yang ada di daerah masing-masing,” kata Tito Karnavian dalam sambutan virtualnya saat peringatan hari jadi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-20 di tengah pandemi Covid-19 di Kantor Apkasi, Jakarta, Sabtu (30/5).

Dengan jiwa kewirausahaan, menurut Tito, peluang-peluang yang ada di daerah bisa dikembangkan sehingga mampu untuk menjaring pendapatan dengan cara-cara sesuai aturan hukum dan kemudian menggunakannya dengan tepat sasaran, hemat, dan selektif.

Tito menambahkan dengan semangat kewirausahaan maka daerah bisa surplus dalam bidang anggaran, bukan justru defisit karena belanjanya lebih besar.

“Belanjanya dengan program-program yang tidak bisa dieksekusi sementara pendapatannya lebih kecil, ibarat lebih besar pasak daripada tiang,” katanya.

Tito mengingatkan agar jangan sampai menjadi daerah yang defisit, tapi harus lebih independen serta kuat secara keuangan dan secara ekonomi. Menurut dia, hal ini memerlukan keahlian atau kemampuan kewirausahaan para kepala daerah.

Acara peringatan hari jadi Apkasi pada kesempatan itu dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Tampak hadir Prof Ryaas Rasyid selaku Penasehat Khusus Apkasi, Gubernur Kaltim yang pernah menjadi Ketua Umum Apkasi Isran Noor, dan Ketua Dewan Pembina Apkasi Mardani H. Maming.

“Apkasi bisa menjadi penyaluran kepala daerah untuk menyamakan persepsi, saluran untuk menyampaikan aspirasi dan saluran juga untuk melakukan koreksi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Apkasi Abdullah Azwar Anas dari Banyuwangi secara virtual mengajak kepada para kepala daerah untuk bersama-sama menyambut normal baru dengan gaya baru.

Abdullah Azwar Anas menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan, penerapan jaga jarak, kembali menggerakkan sektor ekonomi, dan terus berdoa agar Covid-19 segera dapat diatasi. (Antara/OL-09)
 

Baca Juga

DOK BPIB

Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Diatur dalam UU

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:00 WIB
Terlebih, saat ini dari berbagai hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga telah terjadi pengikisan nilai-nilai Pancasila dalam...
MI/Mohamad Ghozi

Rahmad Darmawan Gabung Partai Demokrat

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:19 WIB
Rahmad Darmawan menyampaikan dirinya bergabung karena melihat sosok Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti...
Dok. Mabes Polri

Kasus Penyelewengan Bansos Terus Bertambah

👤Media Indonesia 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:45 WIB
Jumlah kasus itu terus bertambah dari delapan kasus pada pertengahan Juni dan 16 kasus di awal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya