Minggu 31 Mei 2020, 09:02 WIB

Lampaui Prancis, Angka Kematian akibat Korona Brasil Capai 28.834

Siti Retno Wulandari | Internasional
Lampaui Prancis, Angka Kematian akibat Korona Brasil Capai 28.834

AFP/Carl De Souza
Petugas pemakaman sedang menggali tempat untuk menguburkan jenazah yang meninggal karena covid-19

 

BRASIL mencatatkan angka baru dalam jumlah kematian akibat virus korona baru (covid-19) mencapai 28.834 dengan 956 diantaranya merupakan kematian baru. Angka tersebut melampui Prancis dan menjadikan Brasil masuk sebagai empat negara dengan jumlah kematian tertinggi di dunia.

Sebagai episenter pandemi virus korona di Amerika Latin, penambahan kasus positifnya pun meningkat dalam 24 jam terakhir hingga menyentuh 33.274 kasus. Menteri Kesehatan Brasil mengatakan penambahan tersebut menjadi rekor baru, kini jumlah keseluruhan kasus di negaranya mencapai 498.444, tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Kementerian Kesehatan di Brasil menyiratkan tidak adanya cara untuk memperkirakan kapan puncak wabah akan terjadi. Ahli pun memperkirakan jumlah kasus bisa mencapai 15 kali lebih tinggi dari angka yang dikonfirmasi lantaran pengujian belum dilakukan secara meluas.

Pandemi meluas, sementara di tingkat pemerintahan terjadi konfrontasi antara gubernur dan walikota yang ingin melakukan isolasi kota sementara Presiden Brasil Jair Bolsonaro menentangnya.

Baca juga: Kematian Akibat Covid-19 di Italia Meningkat Lagi

Bolsonaro juga menentang nasihat pakar kesehatan yang menganjurkan pembatasan wilayah. Akibat sikap antipembatasan, Bolsonaro ditinggalkan dua menteri kesehatan yang akhirnya ia pecat.

Untuk diketahui, saat ini jumlah kematian di Amerika Serikat mencapai 103.685, Inggris mencapai 38.376 dan Italia 33.340.(AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP/ Carl DE SOUZA

Sekolah Samba di Rio: Tidak Ada Vaksin, tidak Ada Karnival!

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:40 WIB
Lima dari 12 sekolah samba utama, termasuk Mangueira dan Beija Flor, mengatakan kepada surat kabar O Globo bahwa mereka meminta agar...
AFP/JIM WATSON

Trump Akhiri Hubungan Dagang Istimewa AS dengan Hong Kong

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:29 WIB
"Hong Kong kini diperlakukan sama seperti Tiongkok daratan. Tidak ada lagi perlakuan khusus, tidak ada lagiu perlakuan ekonomi, dan...
AFP/Maddie Meyer / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Vaksin Covid-19 dari AS Tunjukkan Hasil Menjanjikan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:16 WIB
Pada 27 Juli nanti, vaksin eksperimental itu akan diujicobakan ke 30 ribu orang untuk membuktikan apakah vaksin tersebut bisa melindungi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya