Minggu 31 Mei 2020, 07:55 WIB

Pasien Sembuh di Banyuwangi Bertambah

Usman Afandi | Nusantara
Pasien Sembuh di Banyuwangi Bertambah

123rf.com
Ilustrasi

 

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur melaporkan adanya penambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari infeksi virus covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banyuwangi, dr Widji Lestariono.  "Satu orang pasien yang sembuh merupakan pasien 07. Dia warga Kecamatan Siliragung," kata Rio.

Pasien tersebut, lanjutnya, sudah melakukan uji swab yang kedua dan ketiga. "Hasilnya negatif semua. Dengan demikian, jumlah pasien yang sembuh di Banyuwangi ada dua orang," imbuh Rio.

Namun, selain ada penambahan pasien yang sembuh, pasien yang positif pun juga bertambah.

"Ada tambahan satu lagi yang positif covid-19, sehingga total hari ini ada 9 pasien positif," lanjutnya.

Baca juga: Sudahi Status Darurat, Sumut Siapkan Skenario New Normal

Menurut Rio, pasien terbaru atau pasien 09 tersebut merupakan seorang tenaga kesehatan. "Dia pernah kontak erat dengan pasien 03, yaitu seorang tenaga kesehatan dari klaster pelatihan petugas haji di Asrama Haji Surabaya," paparnya.

Pasien 09, lanjut Rio, pernah mengikuti rapid test massal untuk tenaga kesehatan pada 19 Mei 2020 bersama 22 tenaga kesehatan lainnya.

"Saat itu, kita ambil swab untuk diuji di Surabaya. Hasilnya, ada satu yang dinyatakan positif, yaitu pasien 09. Sementara 22 orang lainnya negatif," ungkap Rio.

Menurutnya, kondisi pasien 09 secara klinis baik, sehingga yang bersangkutan bisa dikatakan sebagai OTG (orang tanpa gejala).

"Meski begitu, kami isolasi pasien di RSUD Genteng. Kemudian akan terus dilakukan treatment, dan dalam waktu dekat kita uji swab lagi," ujarnya.

Dengan adanya tenaga kesehatan yang terpapar virus covid-19, Rio meminta kepada segenap masyarakat untuk tidak terlalu khawatir berlebihan bila akan berobat ke fasilitas kesehatan.

"Semua sudah menerapkan protokol penanganan pasien dengan baik. Jadi, kalau memang merasa perlu ke rumah sakit atau puskesmas, tetap datang saja. Yang terpenting saat ini, kita semua harus menjaga kesehatan tubuh agar tidak sakit," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Denny Susanto

Kalsel Masih Tertinggi Kasus Covid-19 di Pulau Kalimantan

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 09:09 WIB
Provinsi Kalsel berada diurutan ke lima jumlah kasus positif virus korona di bawah Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan dan...
Dok: Pribadi

Tenaga Honorer RSUD Suradadi Tegal dapat Bantuan Sembako

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:30 WIB
Selain tenaga honorer dan tukang parkir yang mendapat sembako, RSUD Suradadi pun mendapat bantuan...
MI/Gabriel Langga

19 Napi Jalani Rapid Test Sebelum Dipindahkan ke Rutan Maumere

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 08:15 WIB
Rumah tahanan Polres Sikka saat ini sudah melebihi kuota, sehingga 19 napi harus dipindahkan ke rutan Maumere berdasarkan permintaan dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya