Minggu 31 Mei 2020, 05:44 WIB

Pengelola Mal Bersiap Operasi Kembali

Ins/Ssr/J-1 | Megapolitan
Pengelola Mal Bersiap Operasi Kembali

MI/Susanto
Ilustrasi Mal di Jakarta.

 

PUSAT perbelanjaan di Jakarta segera buka kembali seusai ditutup hampir dua bulan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Pengelola Central Park Mall, Jakarta Barat, bakal memberlakukan protokol covid-19 bagi semua pengunjung dan karyawan.

“Apabila diperbolehkan buka tanggal 5 Juni, kita buka. Semua orang wajib pakai masker. Kami ada protokol yang ketat nanti,” ungkap Assistant Marcomm & Relation General Manager Central Park dan Neo Soho Silviyanti Dwi Aryati di Jakarta, kemarin.

Selain mewajibkan pengunjung memakai masker, di pintu masuk bakal ada pengecekan suhu tubuh warga. Ada penyediaan hand sanitizer di berbagai sudut mal.

Pengaturan menjaga jarak atau physical distancing di lift, eskalator, hingga antrean juga bakal diterapkan saat mal dibuka. Upaya itu, kata Silviyanti, mencegah penularan covid-19 di mal tersebut.

“Kami masih berproses untuk fokus pada persiapan protokol new normal ini sesuai dengan yang dianjurkan, baik di dalam mal maupun masing-masing tenant,” kata Silviyanti.

Protokol kesehatan yang ketat juga bakal dijalankan oleh manajemen Grand Indonesia (GI). “Semua orang wajib menggunakan masker selama berada di area Grand Indonesia. Kami menerapkan physical distancing dengan memasang stiker antrean di area pintu masuk, depan lift, di dalam lift, toilet, musala, antrean taksi, dan lainnya,” ujar Corporate Communi cations Grand Indonesia Annisa Hazarini.

Pengelola GI juga mengimbau seluruh tenant untuk melakukan pembersihan berkala di dalam area tenant terhadap semua area publik yang bersentuhan langsung dengan pengunjung, seperti pegangan pintu.

Sebelumnya, Ketua Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menuturkan ada 67 pusat belanja yang rencana dibuka pada 5 Juni dan 6 pusat belanja akan dibuka pada 8 Juni mendatang.

Kementerian Perdagangan pun telah mempersiapkan protokol kesehatan di berbagai kawasan perdagangan dalam menghadapi new normal.

“Juga perlu dilakukan sosialisasi kepada pedagang dan berbagai pihak di tempat perdagangan itu,” kata Koordinator Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, seusai bertemu Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, kemarin.

Bukan hanya mal, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, mengungkapkan saat ini pihaknya tengah menyusun ketentuan atau kebijakan dalam pembukaan kembali tempat hiburan dan wisata saat penerapan era baru atau new normal diberlakukan. “Kami sedang susun (aturan) bersama sama asosiasi atau pelaku industri dan tim kesehatan,” ujar Cucu.

Dalam menyusun ketentuan pembukaan kembali tempat hiburan, Cucu menegaskan bakal mengacu pada protokol kesehatan covid-19. (Ins/Ssr/J-1)

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

SIKM Ditiadakan, Warga Jakarta Diminta Isi Aplikasi CLM

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:15 WIB
Kemudian, lanjut Syafrin, mesin akan memberi jawaban terkait aman atau tidak warga untuk melakukan...
MI/Pius Erlangga

Negatif Korona, 47.650 WNI Repatriasi Dipulangkan ke Daerah Asal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:11 WIB
WNI yang dipulangkan tersebut merupakan pekerja migran Indonesia dan awak anak buah kapal (ABK) dari kapal berbendera...
AFP

Ada Staf Positif Covid-19, Kegiatan DPRD DKI Dihentikan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 13:33 WIB
Meski kegiatan DPRD DKI Jakarta dihentikan sementara waktu, namun gedung tidak ditutup total. Adapun staf sekretariat yang positif covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya