Sabtu 30 Mei 2020, 21:00 WIB

Pedagang Gudeg di Malioboro Mulai Jualan, tapi Sepi Pembeli

Ardi Teristi | Nusantara
Pedagang Gudeg di Malioboro Mulai Jualan, tapi Sepi Pembeli

MI/Ardi Teristi
Pedagang makanan di Malioboro.

 

PEDAGANG makanan di Maliboro, Yogyakarta, Sutirah, 49, sudah beberapa hari berjualan. Dengan mengenakan faceshield, dia siap menyajikan beragam makanan seperti gudeg, pecel lele, dan lainnya.

"Pembeli masih sepi," kata perempuan yang menggelar dagangannya di depan Gedung DPRD Provinsi DIY, Sabtu (30/5).

Baca juga: Pemkab Terapkan New Normal, Uskup Tetap Kebaktian Live Streaming

Ia menuturkan, pada Rabu (27/5) pembeli hanya empat orang, Kamis (28/5) pembeli 12 orang, dan Jumat (29/5) pembeli enam orang.

Sutirah mengaku, sudah berjualan lesehan di Malioboro sejak 1989. Selama pandemi virus korona atau covid-19, ia libur berjualan sejak 20 Maret.

Baca juga: PSBB Malang Raya Berakhir Hari ini

Dari sekitar 50 pedagang lesehan yang ada di Malioboro, baru dirinya yang berjualan. "Harapan kami semua kembali normal, pariwisata kembali ramai agar roda ekonomi kembali berputar," kata dia yang berjualan sekitar pukul 16.00 WIB sampai menjelang dini hari ini.

Dari pantauan di sepanjang Malioboro, tidak hanya Sutirah, pedagang kaki lima yang menjual pakaian dan aneka cindera mata juga tampak mulai berjualan. Mal dan toko-toko juga sudah banyak yang buka. Andong dan becak pun mulai kembali meramaikan Malioboro.

Baca juga: Covid-19 Tersebar di Papua Berawal dari Tempat Togel

Sebelumnya, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, Pemda DIY tidak pernah menutup objek wisata, hotel, mal hingga warung makanan. Pemda DIY mengimbau, para pengelola hotel, restoran, maupun tempat wisata mematuhi protokol kesehatan saat menjalankan usahanya. (X-15)
 

Baca Juga

MI/Supardji Rasban

Warga Tegal Tidak Pakai Masker Diminta Baca Teks Pancasila

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:06 WIB
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menemukan banyak warganya tidak memakai masker saat di luar rumah. Mereka dihukum membaca teks...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Irigasi Rusak, Babel Kerahkan Ratusan Pompa Air

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 11:01 WIB
Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi mengaku masalah irigasi ini memang menjadi hal yang paling krusial untuk meningkatkan hasil...
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

KLHK Tetapkan Dua Tersangka Aktor Intelektual Pembalakan Ilegal

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Juli 2020, 10:53 WIB
AL 37 dan HS 30. adalah dua tersangka yang memberi modal dan memerintahkan tiga orang untuk menebang kayu di sejumlah wilayah hutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya