Sabtu 30 Mei 2020, 16:00 WIB

Merkel Tegaskan tidak Akan Hadir Langsung di KTT G7

Basuki Eka Purnama | Internasional
Merkel Tegaskan tidak Akan Hadir Langsung di KTT G7

AFP/Markus Schreiber
Kanselir Jerman Angela Merkel

 

KANSELIR Jerman Angela Merkel tidak akan hadir langsung di KTT G7 meski Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan dirinya akan menggelar pertemuan tersebut secara langsung di tengah pandemi covid-19.

Pemimpin negara G7 yang tahun ini dipimpin oleh AS dijadwalkan bertemu secara daring pada akhir Juni akibat pandemi covid-19. Sebelumnya, pertemuan itu akan digelar di Camp David, tempat peristirahatan Presiden AS di Maryland.

Namun, pekan lalu, Trump mengatakan dia akan menggelar pertemuan itu secara langsung, kemungkinan besar di Gedung Putih.

Baca juga: Kematian Akibat Covid-19 di Italia Meningkat Lagi

Merkel langsung menyatakan penolakannya.

"Per hari ini, menimbang situasi pandemi covid-19, dia menolak hadir secara langsung dengan melakukan perjalanan ke Washington," ujar juru bicara Merkel, Steffen Seibert.

"Meski begitu, kanselir mengucapkan terima kasih atas undangan dari Presiden Trump," lanjutnya.

Kanselir berusia 65 tahun itu merupakan yang tertua di antara para pemimpin G7 setelah Trump yang berusia 73 tahun.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang juga berusia 65 tahun namun lebih muda beberapa bulan dari Merkel memiliki risiko tinggi tertular covid-19 karena usia mereka.

Gedung Putih menegaskan menggelar langsung KTT G7 merupakan bukti kekuatan saat perekonomian dunia berusaha bangkit pascalockdown akibat covid-19.

Merkel menjadi pemimpin G7 pertama yang secara tegas menolak KTT G7 digelar secara langsung. Adapun pemimpin G7 lainnya masih samar dalam memberi jawaban.

Jumat (28/5), Gedung Putih mengatakan Trump telah berbicara dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan keduanya sepakat menggelar KTT G7 ecara langsung sangat penting.

Perdana Menteri Kanda Justin Trudeau mengatakan pertemuan langsung harus mempertimbangkan keselamatan. Adapun Presiden Prancis Emmanuel Macron siap bertolak ke AS jika kondisinya memungkinkan.

Negara G7--Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan AS--secara bergantian menggelar KTT setiap tahunnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Biju BORO / AFP

Sungai Brahmaputra Meluap, 77 Orang Tewas di Assam, India

👤Deri Dahuri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 13:16 WIB
Negara tetangga India lainnya, Nepal, juga dilanda bencana banjir. Hujan deras yang memicu banjir dan tanah longsor telah menelan korban...
AFP/	OLIVIER DOULIERY

Berbeda dengan Trump, Biden Fokus pada Proposal Perubahan Iklim

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 15 Juli 2020, 13:00 WIB
Biden beralasan fokus pada perubahan iklim akan mendukung terciptanya lapangan pekerjaan besar-besaran di bawah...
STR / AFP

Banjir Besar Landa Wilayah Tiongkok, Lebih dari 140 Orang Tewas

👤Deri Dahuri 🕔Rabu 15 Juli 2020, 12:04 WIB
Banjir di Tiongkok kali ini disebutkan sebagai bencana banjir terburuk dalam lebih dari 30 tahun terakhir. Masyarakat di sejumlah Tiongkok...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya