Sabtu 30 Mei 2020, 11:53 WIB

PJJ Berlanjut, Pemerintah Diminta Permudah Akses Belajar Siswa

Atalya Puspa | Humaniora
PJJ Berlanjut, Pemerintah Diminta Permudah Akses Belajar Siswa

ANTARA/Asep Fathulrahman
Pelajar menyimak paparan guru saat proses belajar mengajar daring di rumahnya di Kampung Drangong, Taktakan, Serang, Banten.

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan pihaknya tidak lantas membuka sekolah pada tahun ajaran baru Juli mendatang. Otomatis, pendidikan jarak jauh (PJJ) akan terus berlanjut.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menilai, ketika PJJ diperpanjang, harus disiapkan pula infrastruktur pendukung dan peningkatan kemampuan para guru dalam pelaksanaan PJJ. Di antaranya pemerintah harus mengratiskan internet.

"Ini penting agar semua anak dapat terlayani pembelajaran daringnya tanpa dibebani pembelian kuota internet. Artinya, kesenjangan akses digital dapat teratasi ketika internet digratiskan," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti kepada Media Indonesia, Sabtu (30/5).

Baca juga: Pola Hidup Baru Turunkan Penularan Covid-19

Selain itu, pemerintah daerah dinilainya dapat meminta sekolah-sekolah negeri yang berada di pemukiman penduduk, untuk membuka akses internetnya untuk publik selama PJJ berlangsung.

"Penggunanya bisa anak-anak sekitar sekolah tersebut meskipun mungkin tidak bersekolah di sekolah tersebut," kata Retno.

Bahkan seharusnya, lanjut Retno, laboratorium komputer di sekolah-sekolah dapat digunakan secara bergiliran oleh anak-anak sekitar sekolah tersebut yang tidak memiliki peralatan daring.

"Karena fasilitas sekolah negeri adalah milik publik, jadi mestinya dapat digunakan untuk membantu anak-anak yang tinggal di sekitar sekolah," imbuhnya.

Selanjutnya, untuk daerah-daerah di pelosok, dana desa semestinya dapat digunakan untuk membantu memfasilitasi PJJ dengan membeli sejumlah komputer dan wifi yang diletakkan di balai desa.

"Sehingga anak-anak desa tersebut dapat bergiliran menggunakan fasilitas tersebut untuk PJJ dengan daring," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Dok Humas LIPI

Spesies Baru Kecoak Laut Raksasa Ditemukan di Laut Indonesia

👤Antara 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:48 WIB
Binatang laut itu ditemukan di Selat Sunda dan selatan Pulau Jawa pada kedalaman 957-1.259 meter di bawah permukaan...
ANTARA/Destyan Sujarwoko

Ini Rahasia Trenggalek Raih 4 Penghargaan Inovasi Daerah Covid-19

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:27 WIB
Kerja sama lintas sektor dan keterlibatan aktif masyarakat melahirkan gerakan dan semangat berinovasi yang membuat Kabupaten Trenggalek...
Sumber: CDC/Kementerian Kesehatan/UNEP/Tim Riset MI-NRC/ Grafis: SENO

Mewaspadai Ancaman Wabah Zoonosis

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:20 WIB
Sejak 1940-2000, sekitar 70% penyakit infeksius baru yang muncul di dunia ialah zoonosis yang ditularkan dari satwa liar. Tidak hanya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya