Sabtu 30 Mei 2020, 08:30 WIB

Penyekatan Pemudik di Klaten, 492 Kendaraan Diputar Balik

Djoko Sardjono | Nusantara
Penyekatan Pemudik di Klaten, 492 Kendaraan Diputar Balik

MI/Djoko Sardjono
Petugas memeriksa pengendara di pos penyekatan perbatasan Klaten-DI Yogyakarta di Prambanan.

 

SEBANYAK 492 kendaraan dari arah DI Yogyakarta yang akan masuk wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dipaksa putar balik oleh petugas gabungan peduli Covid-19 di Pos Prambanan, 24 April-26 Mei 2020.

Sementara, Satuan Lalu Lintas Polres Klaten melakukan penyekatan kendaraan arus balik di Pos Subterminal Delanggu. Namun, dalam penyekatan itu belum ada kendaraan arus balik pemudik yang dipaksa putar balik.

Kasatlantas Polres Klaten AK Bobby Anugrah Rahman, Jumat (29/5), kepada wartawan di Mapolres, menegaskan kendaraan dari arah Yogyakarta yang dipaksa putar balik itu sebelum Lebaran. Ini untuk pencegahan penyebaran covid-19.

Baca juga: Satu Karyawan Positif Covid-19, Toserba di Ciamis Ditutup

Penyekatan kendaraan di Prambanan, yang merupakan perbatasan Kabupaten Klaten dengan DIY, juga merupakan rangkaian kegiatan operasi ketupat. Operasi pengamanan Idulfitri 1441 H ini digelar pada 24 April-30 Mei 2020.

"Jadi, selama periode 24 April-26 Mei lalu, sebanyak 492 kendaraan dari arah DI Yogyakarta yang akan masuk Klaten dipaksa putar balik oleh petugas gabungan TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan," kata Kasatlantas Klaten.

Pascalebaran, Polres Klaten memperluas penyekatan kendaraan arus balik di Pos Subterminal Delanggu. Namun, hingga Jumat (29/5) kendaraan  arus balik nihil yang putar balik karena telah mematuhi imbauan pemerintah.

Menurut Bobby, penyekatan kendaraan arus balik juga dilakukan, terutama kendaraan yang berpelat di luar Soloraya (AD).

Pos penyekatan kendaraan arus balik itu untuk pencegahan dan pengendalian persebaran wabah covid-19.

"Operasi ketupat pada 30 Mei telah berakhir. Meski demikian, petugas masih disiagakan di Pos Pengamanan Peduli Covid-19. Mereka akan bertugas di pos masing-masing sampai Minggu (7/6) mendatang," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Pemkab Sorong Bagikan Bansos Untuk Panti Asuhan Terdampak Korona

👤Martinus Solo 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:34 WIB
Adapun 10 panti asuhan di Kabupaten Sorong  yang menerima bantuan ini terdapat di Distrik Aimas, Mariat, Mayamuk, dan Distrik...
MI/Apul Iskandar

Kota Tebingtinggi Giatkan Rapid Test Untuk Santri dan Pedagang

👤Apul Iskandar 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:28 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan yang ikut menghadiri acara rapid test massal mengatakan bahwa tujuan rapid test ini untuk...
MI/Rudi Agung

KPU Balikpapan Antisipasi Data Pemilih Bodong

👤Rudi Agung 🕔Rabu 15 Juli 2020, 08:21 WIB
Ketua KPU Balikpapan mengingatkan dalam pemilihan umum kerap kali data nama-nama pemilih yang tercatat tak sesuai dengan kenyataan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya