Sabtu 30 Mei 2020, 03:15 WIB

Jelang Kupatan, Penjual Bungkus Ketupat Penuhi Pasar-Pasar

Mohammad Ghazi | Humaniora
Jelang Kupatan, Penjual Bungkus Ketupat Penuhi Pasar-Pasar

MI/Mohammad Ghazi
Seorang penjual bungkus ketupat di Pasar Branta Pesisir, Kabupaten Pamekasan, Jumat (29/5) jelang tradisi ketupatan, Minggu (31/5).

 

PEDAGANG bungkus ketupat memenuhi sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Mereka memanfaatkan momen perayaan lebaran kerupat atau tradisi kupatan yang akan berlangsung pada Minggu (31/5).

Harga bungkus ketupat tersebut bergantung bahan yang digunakan. Untuk yang berbahan daun siwalan, dijual dengan harga Rp8 ribu per ikat isi sementara yang berbahan janur dijual Rp5 ribu per ikat.

Aisiil Amani, salah satu pedagang di Pasar Branta Pesisir, mengatakan mereka memanfaatkan momen lebaran ketupat yang menjadi salah satu tradisi di Madura setelah lebaran Idul Fitri untuk menjual bungkus ketupat.

"Ini hanya ada hanya sekali dalam setahun. Masyarakat memilih membeli bungkus ketupat dari pada membuat sendiri," katanya.

Ia menjelaskan, bungkus ketupat itu dipasok dari pembuat tikar siwalan yang juga mengambil momen tradisi kupatan untuk memproduksi barang tersebut.

"Kami membeli dari para pembuat tikar siwalan dengan harga Rp6 ribu untuk bungkus ketupat dari daun siwalaan dan Rp3 ribu untuk yang berbahan janur," jelas Aisil. (R-1)

 

Baca Juga

BPS/Tim Riset MI-NRC

Indonesia Mampu Hindari Krisis Pangan

👤Des/Ant/X-8 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:17 WIB
Stok beras di gudang Bulog dalam kondisi aman di tengah pandemi covid-19, yakni 1,42 juta ton yang tersebar di seluruh...
MI/Ramdani

David Naif Tidak Dikenali ketika Naik Angkot

👤MI 🕔Rabu 15 Juli 2020, 04:10 WIB
SEBUAH momen lucu dibagikan vokalis band Naif, David Bayu Danangjaya, 43, melalui...
AFP

Jennifer Aniston Jadi Ibu Baptis Anak Katy Perry

👤MI 🕔Rabu 15 Juli 2020, 03:45 WIB
AKTRIS Jennifer Aniston, 51, diminta sahabatnya, musikus Katy Perry, untuk menjadi ibu baptis anak perempuannya yang akan segera...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya