Sabtu 30 Mei 2020, 02:40 WIB

KAI Daop 6 Siapkan Aturan Hadapi Normal Baru

Agus Utantoro | Nusantara
KAI Daop 6 Siapkan Aturan Hadapi Normal Baru

ANTARA/Mohammad Ayudha
Calon penumpang duduk di kursi tunggu yang diberi penanda jarak aman di Stasiun Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/3).

 

PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta, mengikut ketentuan yang diterapkan PT KAI telah menyiapkan pedoman new normal untuk pelayanan kepada penumpang baik bisnis angkutan orang (penumpang) maupun angkutan barang. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto layanan yang sesuai pedoman New Normal ini sebagai bentuk adaptasi pelayanan perkeretaapian dengan mengurangi kontak fisik dan menerapkan protokol kesehatan.

"Saat ini, KAI masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan dan terus memperhatikan perkembangan penerapan PSBB di berbagai daerah," katanya, Jumat (30/5).

Eko menegaskan, penerapan pedoman new normal ini sebenarnya untuk  melindungi pelanggan itu sendiri dan juga melindungi pegawai PT KAI dari kemungkinan terpapar covid-19. Ia menambahkan,  pedoman tersebut akan diaplikasikan ketika Kereta Api  Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi.

Pada pedoman New Normal ini lanjutnya, nantinya pemesanan tiket hanya dapat dilakukan secara online yaitu Aplikasi KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show atau sekurangnya tiga jam sebelum jadwal Keberangkatan.

Melalui pedoman tersebut, lanjutnya, calon penumpang yang akan masuk stasiun harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan wajib mengenakan masker. "Hanya yang bersuhu tubuh kurang dari 37,3 derajat Celsius, yang diizinkan masuk," ujarnya.

Dikatakan selama dalam perjalanan petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam sekali. Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius atau lebih dan mengalami gejala Covid-19, katanya, maka penumpang tersebut akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta.

"Bila kondisi penumpang perlu penanganan segera, kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki
fasilitas pos kesehatan," katanya. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Ardi Teristi

DIY tidak akan Tergesa-gesa Terapkan Aturan Kenormalan Baru

👤Ardi Teristi 🕔Jumat 03 Juli 2020, 01:25 WIB
Sultan menyebut, tidak mungkin DIY akan diam saja dan menunggu sampai virus benar-benar hilang tanpa melakukan kegiatan...
Istimewa

Kemenparekraf Serahkan Bantuan untuk Pelaku Pariwisata

👤RO/Micom 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:46 WIB
Pelaku usaha parawisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak pandemi...
MI?Adi Kristiadi

Dua Desa di Tasikmalaya mulai Krisis Air Bersih

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 02 Juli 2020, 20:40 WIB
RATUSAN warga di Kampung Sukahurip, Cijulang, Desa Mediasari dan Desa Neglasari, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, sudah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya