Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB

Sensus Penduduk Daring Berakhir

(Mir/E-3) | Ekonomi
Sensus Penduduk Daring Berakhir

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.
HARI TERAKHIR SENSUS PENDUDUK 2020 SECARA DARING

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15 Februari 2020 itu telah diikuti 49,1 juta penduduk.

Jumlah penduduk yang berpartisipasi dalam sensus daring ini hampir mencapai target BPS sebanyak 52 juta orang. "Kita tutup malam ini pukul 23.59. Sampai saat ini, sekitar 49,1 juta," ujar Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Margo Yuwono kepada Media Indonesia, kemarin.

Sedianya pelaksanaan sensus daring hanya berlangsung pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Adapun sensus penduduk tatap muka dimulai pada 1 Juli 2020. Namun, karena mewabahnya covid-19 di Indonesia, rentang waktu pelaksanaan sensus daring diperpanjang hingga 29 Mei 2020 mengikuti masa tanggap darurat bencana yang ditetapkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sementara itu, sensus offline akan dilakukan BPS mulai 1 September 2020 dengan melibatkan sekitar 200 ribu petugas sensus. Pelaksanaan sensus penduduk secara offline, dia bilang, akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yakni menjaga jarak. "Karena masa pandemi covid-19 ini, kuesioner akan didrop oleh petugas dan diambil lagi kalau sudah terisi," imbuh Margo.

"Nanti diantar oleh petugas sensus ke rumah secara door to door, termasuk kepada mereka yang sudah berpartisipasi online tapi datanya tidak lengkap. Sensus offline ini akan berjalan satu bulan penuh," sambungnya. Pemeriksaan data penduduk secara offl ine akan dilakukan petugas sensus bersama dengan ketua rukun tetangga (RT) ataupun pengurus lingkungan setempat. Pelibatan unsur ketua lingkungan diperlukan untuk memverifi kasi data penduduk. Sensus penduduk ini nantinya dapat digunakan sebagai parameter demografi dan indikator sosial lain yang akan dilakukan pada tahun mendatang. (Mir/E-3)

Baca Juga

Antara/Moch Asim

Perpres Baru Kartu Prakerja Dinilai Lahirkan Kerancuan Baru

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:32 WIB
Itu terkait dengan pasal 31A yang menyebutkan pemilihan mitra program Kartu Prakerja bukan merupakan bagian dari pengadaan barang dan jasa...
Dok. Petrokimia gresik

Dorong Ketahanan Pangan, Petrokimia Gresik Gencarkan Inovasi

👤M. Iqbal Al Macchmudi 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:17 WIB
Indonesia harus memperkuat sektor pertanian domestik sebagai penopang utama ketahanan pangan nasional dan terhindar dari krisis...
MI/Andri Widiyanto

Cegah Kasus Indosurya Terulang, Pengawasan Koperasi Diperketat

👤Antara 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:30 WIB
PEMERINTAH akan memperketat pengawasan terhadap aktivitas bisnis koperasi untuk mencegah terulangnya kasus gagal bayar Koperasi Simpan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya