Jumat 29 Mei 2020, 19:10 WIB

Eks Napiter Berperan Penting Ciptakan Perdamaian

Eks Napiter Berperan Penting Ciptakan Perdamaian

ANTARA
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar

 

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengatakan para mantan narapidana kasus terorisme (napiter) atau mantan kombatan beserta para keluarga mereka yang berada di bawah naungan beberapa yayasan dan kini menjadi mitra binaan Subdit Bina Masyarakat BNPT ​​​​​memiliki peran penting menciptakan kerukunan, persatuan, dan perdamaian di daerah masing-masing.

“Tentunya kami berharap bapak–ibu, ihwan-ahwat, ustaz-ustazah, semua sebagai mitra BNPT punya peran penting di daerah masing-masing dalam menciptakan sebuah perdamaian dan kerukunan, demi terciptanya persatuan bagi bangsa Indonesia ini,” ujar Boy Rafli, Jumat (29/5), dalam sambutan kuncinya saat membuka acara silaturahim dan halal bihalal bersama para mantan napiter dan kombatan (mitra) BNPT yang dilakukan melalui video conference.

Acara silaturahim dan halal bihalal tersebut diselenggarakan oleh Subdit Bina Masyarakat pada Direktorat Deradikalsiasi di Kedeputian I Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi BNPT.

Selain mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru, Boy Rafli menjelaskan kepada para mitra BNPT ini untuk bersama-sama berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, mengajak masyarakat di lingkungannya bisa bersatu untuk mewujudkan sebuah kebaikan dan perdamaian.

Untuk itu, dia sangat mengapresiasi para mitra BNPT yang sudah berinisiatif membentuk yayasan, sebagai sarana untuk pengaktualisasian diri, dengan harapan terciptanya sebuah lingkungan baru yang lebih positif dan mengembangkan potensi diri.

“Kami berharap yayasan ini juga menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan bangsa pada masyarakat di tempatnya masing-masing,” kata mantan Wakalemdiklat Polri tersebut.

Ia berharap para untuk bisa memelopori kegiatan-kegiatan positif seperti doa bersama demi kebaikan bangsa Indonesia, kebaikan di lingkungan tempat tinggal serta untuk kesuksesan para pemimpin kita.

Dia juga meminta para mitra agar tetap tulus melakukan kewajibannya sebagai warga negara untuk melakukan bela negara. Karena bela negara itu bukan hanya urusan aparat keamanan, tetapi juga oleh seluruh warga negara.


Baca juga: Wawan Setiawan Resmi Diajukan Demokrat jadi Cabup Cianjur


Ia mengatakan Indonesia dilahirkan dengan fondasi konstitusi berdasarkan Pancasila yang diinisiasi oleh ulama-ulama besar.

“Jadi bukan kelompok nasionalis saja yang menjadikan bangsa ini, tetapi juga keterlibatan para ulama-ulama besar. Artinya disitu sudah menjadi bagian pemikiran-pemikiran ulama-ulama Islam yang ikut melahirkan negara dan bangsa Indonesia ini. Untuk itu Negara ini harus dijaga agar kita semuanya bisa hidup makmur, adil, sejahtera oleh warga negaranya,” kata mantan Kapolda Papua itu.

Deputi I BNPT, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, dalam sambutan pembukanya pada video conference tersebut mengatakan bahwa halal bihalal ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahim antara BNPT dan mitra subdit BM dalam menangkal ancaman terorisme.

"Tentunya dengan adanya silaturahim dan halal bihalal antara Kepala BNPT, bersama kami dan para mitra dari Subdit Bina Masyarakat ini bisa menjadi langkah awal kita untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang memiliki daya tangkal terhadap ancaman terorisme dengan mewujudkan satu tekad Indonesia damai,” ujarnya. (OL-15)
 

Baca Juga

Dok. Pribadi

PDIP :Pancasila Persatukan Bangsa, Keberadaannya Makin Diperlukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:36 WIB
Terbukti dengan Pancasila, Indonesia bersatu dan manpu menghadapi berbagai ujian sejarah seperti kemampuan memadamkan pemberontakan PKI,...
MI/ANGGA YUNIAR

Arief Pouyono akan Perkarakan Ketua Pengadilan dan Pengacara

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 05 Juli 2020, 22:22 WIB
Arief bakal melaporkan pengacara Djoko karena diduga mengetahui dan menyembunyikan keberadaan Djoko yang telah dicari selama 11...
MI/ROMMY PUJIANTO

Peserta Aksi PA 212 Ganyang Komunis 20% Anak-Anak

👤 Ihfa Firdausya 🕔Minggu 05 Juli 2020, 19:15 WIB
Dalam aksi massa tersebut, lanjutnya, ujaran dan perkataan keras terlontar, bahkan mengarah kepada kebencian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya