Jumat 29 Mei 2020, 22:52 WIB

Gelombang 4 Kartu Prakerja, Latihan Barista & Usaha Kopi Diminati

Gana Buana | Ekonomi
Gelombang 4 Kartu Prakerja, Latihan Barista & Usaha Kopi Diminati

Dok. Istimewa
iIlustrasi barista sedang menyeduh kopi

 

PELATIHAN barista dan wirausaha kopi termasuk ke dalam 4 paket materi yang dibeli oleh sebagian dari 456.256 total peserta gelombang pertama dan kedua pada program Kartu PraKerja. Kedua materi tersebut digemari karena dapat memperkuat kemampuan berwirausaha para pemula di tengah pandemi wabah covid-19.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Pra Kerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, dua materi tersebut merupakan suatu pelatihan yang aplikatif dan siap diimplementasikan oleh masyarakat secara mandiri. Ia memprediksi pelatihan serupa juga jadi salah satu yang diminati di gelombang keempat Kartu Prakerja

Program pelatihan 10.000 Barista Merdeka dan Usaha Kopi Pemula yang ditargetkan oleh The Bencoolen Coffee merupakan program prakerja yang terdiri dari pelatihan barista, pemasaran kopi secara online, membuka usaha kopi kekinian hingga menjadi agen Kopi Indonesia dapat didapatkan dengan mengikuti program Prakerja.

"Program ini juga hadir tidak hanya memberikan pelatihan namun juga memfasilitasi ketersediaan lapangan kerja sektor kopi melalui pendampingan hingga skala RT sampai tingkat nasional," kata Panji dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (29/5).

Baca juga : Ini Penyesuaian Pemasaran Asuransi dari OJK di Masa Pandemi Covid

Project Manager Program Pelatihan Barista & Usaha Kopi Yulianti Agustina mengatakan, selain memberikan pelatihan, peserta juga akan didampingi sambil memastikan bahwa setelah pelatihan dapat usaha dengan dukungan supply bahan baku serta Akses Permodalan secara konsisten dari bencoolen coffee. Sehingga, pelatihan lebih optimal dari pelatihan lainnya yang ada di Program Prakerja.

"The Bencoolen Coffee mendapat dukungan penuh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah karena program ini turut mengangkat Bengkulu yang merupakan nomor 3 tertinggi penghasil Kopi Robusta di Indonesia," jelas dia.

Dengan adanya pelatihan yang dapat diakses melalui website prakerja, bencoolencoffee.com ini diharapkan para Peserta yang Kompeten dapat berkembang sebagai mitra perwakilan di desa se-Indonesia untuk Turut Serta memajukan Kopi Indonesia di Negeri Sendiri. (OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Sembawa Jadi Penyangga Pangan Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 15:15 WIB
Ketut menerangkan, jumlah kelompok yang telah dibina dan diberikan hibah unggas lokal di Provinsi Kalimantan Tengah adalah 50 kelompok...
DOK KEMENTAN

Benih Inpara 2 Jadi Primadona Produksi Padi di Lahan Rawa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 13:15 WIB
Apapun cara yang bisa meningkatkan produktivitas pertanian, akan ditempuh demi menjaga ketahan pangan terlebih di masa pandemi Covid-19...
Dok: biro setpres

Jokowi Yakin Indonesia Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi di 2045

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 12:40 WIB
Meski sudah memasuki status ekonomi menengah ke atas, Presiden meminta Indonesia harus selalu berbenah agar tidak terjebak dalam status...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya