Jumat 29 Mei 2020, 22:38 WIB

PKS: Ajaran Baru, Sekolah Harus Aman Dulu dari Covid-19

Insi Nantika Jelita | Humaniora
PKS: Ajaran Baru, Sekolah Harus Aman Dulu dari Covid-19

MI/Panca Syurkani.
Guru sedang mengajar di muka kelas,

 

KETUA Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta Mohammad Arifin meminta pemerintah provinsi (pemprov) memastikan kondisi sekolah harus aman dari penularan pandemi Covid-19 sebelum memulai ajaran baru 2020-2021.

Arifin mengungkapkan, jumlah korban anak usia sekolah yang positif Covid-19 terbilang besar. Hal itu berdasarkan data dari Kepala Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti yamg menyebut lebih dari 800 anak di Indonesia terpapar Covid-19.

Baca juga: Pendisiplinan Selama New Normal harus Pakai Pendekatan Humanis

Bahkan, kata Arifin, 129 anak meninggal dengan status pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dan 14 anak meninggal dengan status terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ini harus jadi perhatian bersama, mereka adalah generasi penerus bangsa. Jangan sampai angkanya bertambah semakin banyak, khususnya di Jakarta,” ujar Arifin dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (29/5).

Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat diminta tidak perlu gegabah dan sembrono dalam menentukan pembukaan sekolah ajaran baru di tengah pandemi Covid-19.

Arifin mengatakan, anak-anak sekolah khususnya PAUD, TK dan SD kerap sulit untuk dikontrol untuk melakukan physical distancing. Anak-anak tersebut, sebutnya, terbiasa bersentuhan secara fisik, berangkulan dalam bermain, apalagi lama tidak ketemu relatif lebih sulit untuk diimbau.

“Jangan sampai sekolah menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19 di ibu kota. Kalaupun harus dibuka proses belajar di sekolah, harus dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” tandas Arifin.

Baca juga: Amankan Pasokan Beras, Percepat Musim Tanam Kedua

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdianan menyatakan, awal tahun pelajaran baru dapat dilakukan apabila ada keputusan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Pembukaan Sekolah akan dilakukan setelah situasi dan kondisi dinyatakan aman dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata Nahdiana dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (28/5). (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana

KPAI Minta Kominfo dan Polri Usut Konten Negatif di Situs Belajar

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 09:51 WIB
Video tersebut diduga menampilkan konten negatif yang tersisip di antara soal-soal dan jawaban. Konten tersebut diduga berasal dari situs...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Anggaran Bertambah, Mensos Minta Penyerapan Selesai November 2020

👤Ihfa Firdausya 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 08:45 WIB
Per tanggal 13 Agustus 2020, dengan anggaran Rp134,008 triliun realisasi anggaran Kemensos mencapai Rp75,583 triliun...
Ist

PTI Beri Pelatihan Wirausaha Kuliner kepada Sahabat Disabilitas

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 05:58 WIB
Berkolaborasi dengan  sekolah Highscope Bintaro, pelatihan ini diadakan antara lain untuk menjadi bagian dalam mengatasi kondisi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya