Jumat 29 Mei 2020, 21:42 WIB

Kebutuhan Ekspor, Pabrik Suzuki Indonesia Kembali Buka

Nurtjahyadi | Otomotif
Kebutuhan Ekspor, Pabrik Suzuki Indonesia Kembali Buka

MI/HImanda Amrullah
Pabrik Suzuki Indonesia

 

UNTUK memenuhi kebutuhan ekspor karena pasar internasional yang mulai pulih dari dampak pandemi covid-19. Suzuki Indonesia secara bertahap mulai mengoperasikan kembali pabriknya, sejak dihentikan sementara 13 April 2020.

Menurut President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales Seiji Itayama, pengoperasian kembali pabrik dilakukan secara bertahap untuk memenuhi permintaan ekspor mengingat pasar internasional. Untuk tahap awal volume produksi dikurangi dan terus dievaluasi untuk dapat ditingkatkan kembali.

"Kami juga memastikan tetap menjalankan Suzuki Hygiene Commitment dan standar protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah untuk seluruh karyawan dalam pengoperasian pabrik. Ini adalah langkah kami untuk beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru atau New Normal sambil terus mendukung perekonomian Indonesia,” papar Seiji Itayama, Jumat (29/5)

Dari ketiga lokasi pabrik yang ada di Cakung, Cikarang, dan Tambun yang terbagi menjadi Tambun 1 dan tambun 2. Khusus untuk Pabrik Tambun 2 belum akan beroperasi karena fasilitas ini difokuskan untuk kebutuhan domestik yang memproduksi model-model seperti New Carry Pick Up, APV, dan Karimun Wagon R.

Baca juga :Sikapi New Normal Kadin dan Buruh Curhat ke Satgas Covid-19 DPR

Sementara di lokasi pabrik lainnya kegiatan operasional dipantau dengan ketat dan memenuhi regulasi pemerintah mengenai physical distancing. Karyawan akan dipastikan untuk mengenakan masker, selalu mencuci tangan, hingga menjaga jarak aman dengan karyawan lainnya.

Untuk memnuhi hal itu, Suzuki membagi jadwal makan siang di pabrik menjadi 2 shift dan membuat sekat di atas meja makan. Di beberapa lokasi kerja yang tidak memungkinkan untuk dilakukan physical distancing, seperti di line production, juga dipasangi sekat di antara karyawan untuk meminimalkan risiko penularan virus.

“Kami berupaya dengan optimal mendukung perekonomian Indonesia dan memprioritaskan kualitas layanan untuk pelanggan. Namun, keselamatan dan kesehatan karyawan juga tetap menjadi fokus kami. Kami harap keputusan ini adalah yang terbaik untuk semua pihak pada saat pandemi Covid-19 ini,” tutup Itayama. (RO/OL-2)

 

Baca Juga

DOK: PT Daihatsu Astra Motor

Virtual Daihatsu Festival Juni 2020 Hasilkan 404 SPK

👤RO 🕔Senin 06 Juli 2020, 16:45 WIB
Tipe kendaraan dengan tiga baris tempat duduk, seperti MPV, LCGC MPV, dan SUV menjadi mobil paling banyak dipesan dengan kontribusi...
DOK: Honda Prospect Motor

Honda Raih Poin Perdana di Musim Balap F1 2020

👤RO 🕔Senin 06 Juli 2020, 16:45 WIB
Gasly berhasil menyelesaikan balapan di urutan ke tujuh dari total 71 lap dengan catatan waktu 1 jam 31 menit 12,421...
DOK: Honda Prospect Motor

Honda Bersiap Tampil di F1 Grand Prix Austria

👤RO 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 19:15 WIB
Pada F1 Grand Prix Austria 2019, Max Verstappen membawa pulang trofi juara pertama mengendarai mobil Red Bull RB15 bermesin Honda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya