Jumat 29 Mei 2020, 20:16 WIB

Kemenpora Susun Draft Protokol New Normal Covid-19

Deden Muhamad Rojani | Olahraga
Kemenpora Susun Draft Protokol New Normal Covid-19

Antara
Menpora Zainuddin Amali

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tengah menyusun draft protokol untuk menggelar kegiatan latihan dan kompetisi/pertandingan olahraga ditengah New Normal pandemi covid-19.

Menpora Zainuddin Amali mengatakan draft tersebut merupakan kompolasi masukan dari cabang-cabang olaharaga, atlet, pelatih dan organisasi induk, yang akan menyeseuaikan dengan tahapan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Apa yang kami diskusikan adalah, kita tetap berpatokan kepada apa yang akan dikeluarkan oleh gugus tugas dari pemerintah, jadi seperti apa nanti tahapan yang dikeluarkan oleh gugus tugas kita akan patuhi,” ungkap Zainuddin dalam konferensi pers, Jumat (29/5).

Zainuddin menjelaskan bahwa Kemenprra akan memastikan terlebih dulu kegiatan olahraga masuk ke tahap berapa, Ia menyebut tidak mau membuat aturan sendiri tanpa koordinasi dengan berbagai kementerian dan berbagai lembaga lain.

“Jadi produk yang akan kita keluarkan adalah sesuatu yang sudah kita koordinasikan dengan berbagai pihak. Kegiatan olahraga ini diberi kesempatan tahapan ke berapa, kalau yang beredar masuk ke tahapan ke tiga kalau tidak salah, ini belum menjadi pegangan kita sebelum resmi ditetapkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Baca juga :New Normal dalam Olahraga, KOI : Ikuti Petunjuk Teknis IOC

Menurut Zainuddin, pihaknya juga telah mendiskusikan soal kapan jadwal latihan dan pertandingan akan digelar, “misalnya tadi ada yang menyinggung tentang kegiatan indoor atau outdoor, kalau di dalam protokol Covid-19 yang dibolehkan di tahap pertama itu hanya kegiatan outdoor, maka kami akan menyesuaikan itu, apakah kegiatan outdoor itu boleh ada atau tidak ada penonton, misalnya untuk kompetisi atau pertandingan, itu juga kami sedang tunggu. Niat kita adalah kita tetap produktif di tengah-tengah Pandemi,” tuturnya.

Sementara, untuk referensi dan petunjuk telnis yang bisa dijadikan patokan, Kemenpora juga akan melakukan perbandingan penerapan protokol kegiatan olahraga yang dilakukan di negara-negara lain.

“Itu akan kita adopsi dan tentu kita sesuaikan dengan kultur kita, yang paling berat tadi kita diskusikan adalah mengatur kedisiplinan, atlet, pelatih, mungkin penyelenggranya bisa kita atur disiplin, tapi yang penyertanya ini, penonton, supporter dan lain sebagainya, ini tidak mudah. Maka kita harus hati-hati, jangan sampai kita teledor merumuskan protokol itu menjadi kluster baru yang menimbulkan munculnya Covid-19,” jelasnya.

Kemepora akan segera mengumumkan rumusan final protokol tersebut, Menpora juga telah meminta kepada KONI Pusat, Formi Nasional, dan NOC untuk berkoordinasi dengan para cabor atau induk olahraga untuk memberikan masukan terhadap draft protokol tersebut.

“Kita akan kompilasi semua masukan secara utuh. Yang paling penting kita berupaya, kita tidak menunggu Covid-19 ini selesai dan kita baru bergerak,” pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA

Pembuktian Jonatan dan Anthony

👤MI 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:55 WIB
TURNAMEN internal Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) bakal kembali bergulir selama tiga hari mulai besok di...
ANTARA

Simulasi Kompetisi Dimulai Hari Ini

👤MI 🕔Selasa 07 Juli 2020, 00:35 WIB
ENAM petenis putra yang ikut program pemusatan latihan nasional (pelatnas) telah menjalani rapid test...
AFP

Pebasket NBA Positif Korona Bertambah

👤Rendy Renuki H 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:31 WIB
Sebelumnya, pebasket NBA Rudy Gobert sempat diketahui terpapar korona Maret lalu. Namun pemain Utah Jazz itu telah dikonfirmasi sembuh dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya