Jumat 29 Mei 2020, 20:04 WIB

Tiongkok Akan Ambil Tindakan jika AS Campuri Soal Hong Kong

Nur Aivanni | Internasional
Tiongkok Akan Ambil Tindakan jika AS Campuri Soal Hong Kong

Antara
Kawasan wisata The Peak, Hongkong

 

TIONGKOK akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan jika Amerika Serikat bersikeras mencampuri urusan dalam negeri Beijing.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian dalam briefing harian, Jumat (29/5) menegaskan, tindakan tersebut terkait sebagai respons terhadap RUU Keamanan Hong Kong yang disahkan oleh parlemen Tiongkok pada Kamis (28/5).

Menurutnya, Beijing juga telah mengajukan perwakilan ke Amerika Serikat, Inggris, Kanada dan Australia sebagai respons terhadap pernyataan bersama dari negara-negara itu yang mengecam Beijing karena rancangan RUU Keamanan tersebut.

Disebutkan, bahwa AS dan negara lainnya mengatakan prihatin dengan keputusan Beijing dan Hong Kong telah berkembang sebagai benteng kebebasan.

Baca juga :AS dan Negara Sekutu Kecam UU Keamanan Hong Kong

Tak hanya itu, mereka juga mengatakan bahwa undang-undang baru itu akan membatasi kebebasan rakyat Hong Kong dan mengikis otonomi Hong Kong dan sistem yang membuatnya sangat makmur.

"Kami juga sangat prihatin bahwa tindakan ini akan memperburuk perpecahan mendalam yang ada di masyarakat Hong Kong," kata negara-negara tersebut.

Seperti diketahui, parlemen Tiongkok telah menyetujui rencana undang-undang tersebut. Pemungutan suara parlemen Tiongkok dilakukan hanya beberapa jam setelah Washington mencabut status khusus yang diberikan pada Hong Kong. (CNA/OL-2)

 

Baca Juga

AFP/ALEXIS DELELISI

Sebulan di Laut, 57 Nelayan di Argentina Positif Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 15 Juli 2020, 05:32 WIB
"Ini kasus yang lolos dari semua deskripsi dalam publikasi, karena periode inkubasi selama ini belum dijelaskan di mana...
AFP/Maddie Meyer/Getty Images

Pemerintahan Trump Batalkan Rencana Cabut Visa Mahasiswa Asing

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 15 Juli 2020, 05:26 WIB
Harvard dan MIT, dengan didukung sejumlah universitas AS lainnya, menggugat langkah Badan Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE) yang diumumkan...
AFP/Mark Felix

3 Negara Bagian AS Catat Peningkatan Kasus Kematian akibat Korona

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 15 Juli 2020, 05:20 WIB
Peningkatan kematian pertama secara nasional sejak pertengahan April itu terjadi lantaran beberapa negara bagian mempercepat pelonggaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya