Jumat 29 Mei 2020, 18:33 WIB

Pasar Sambut Positif New Normal, Rupiah Menguat ke Rp14.575

Hilda Julaika | Ekonomi
Pasar Sambut Positif New Normal, Rupiah Menguat ke Rp14.575

Ilustrasi
Rupiah menguat terhadap dolar

 

NILAI tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini berhasil menguat di perdagangan pasar spot. Rupiah tercatat menembus ke level Rp 14.600/US$.

Pada Jumat sore (29/5), US$ 1 dibanderol Rp 14.575/US$ di pasar spot. Artinya rupiah menguat sebesar 0,68% dibandingkan dengan penutupan perdagangan rupiah di hari sebelumnya. Kemarin rupiah sempat menguat 0,72% ke Rp 14.570/US$.

Menanggapi ini, Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah mengatakan wacana diterapkannya new normal (kenormalan baru) oleh pemerintah Indonesia memberikan reaksi positif bagi pasar. Menurutnya, pasar melihat adanya angin segar dengan rencana dibukanya kembali perekonomian secara bertahap di beberapa daerah.

“Penguatan rupiah salah satunya karena memang pasar menyambut positif rencana akan dibukanya kembali perekonomian secara bertahap di beberapa daerah yang perkembangan penanganan wabah yang baik sebagaimana ditunjukkan oleh jumlah kasus yang menurun,” uajrnya kepada mediaindonesia.com, Jumat (29/5).

Baca juga : IHSG Menguat di Penutupan Saham Pekan Ini

Rencana pemerintah ini, sambungnya, semakin memperkuat keyakinan pasar. Terutama setelah sebelumnya sudah adanya rencana berakhirnya lockdown di beberapa negara yang juga berdampak positif pada ekonomi.

Selain itu, Piter beranggapan faktor lainnya yang menyebabkan rupiah menguat adalah meredanya kekhawatiran pasar atas hubungan Amerika Serikat dan Tiongkok. Sentimen terkait Amerika Serikat dan Tiongkok ini memang masih naik turun dan kerap menjadi pendorong pelemahan rupiah.

“Faktor ketiga, efek psikologis dari pernyataan Bank Indonesia (BI) bahwa rupiah masih overvalue dan berpotensi terus menguat. Pernyataan Gubernur BI ini menambah confidence pasar terhadap rupiah,” pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/ P

2 Langkah Garuda Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:50 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan untuk inisiatif jangka pendek antara lain melakukan optimalisasi pendapatan...
Antara/Indrayadi

Diukur dari Beras, Kemandirian Pangan Indonesia Timur Rendah

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:44 WIB
Berdasarkan indeks ketahanan pangan, tingkat kemandirian pangan wilayah Papua hanya sebesar 1,8%. Perum Bulog menilai potensi sagu di...
MI/Supardji Rasban

Buwas: Indonesia Mampu Hadapi Ancaman Krisis Pangan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:32 WIB
Ancaman krisis pangan terjadi di beberapa negara termasuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya