Jumat 29 Mei 2020, 17:55 WIB

Khofifah Minta Risma Sinergi Tangani Covid-19 di Surabaya

Faishol Taselan | Nusantara
Khofifah Minta Risma Sinergi Tangani Covid-19 di Surabaya

Antara
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah)

 

GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Wali Kota Surabaya Risma, untuk saling sinergi guna menekan angka jumlah positif Covid-19 di wilayahnya.

"Recovery rate alias tingkat kesembuhan positif Corona (Covid-19) di Surabaya terendah di antara kota-kota besar lain di Indonesia," kata Khofifah Indar Parawansa di Gesung Grahadi, Jumat (29/5).

Baca Juga: Jumlah Covid-19 Melonjak, PSBB Surabaya Raya Dilanjut Lagi

Sebagai catatan, jumlah pasien positif sudah tembus diangka 2.300 kasus. Hari ini ditemukan kembali 84 penambahan kasus baru. Hingga Kamis (28/5), kasus korban meninggal di Surabaya sudah tembus 202 kasus atau setara dengan 8,78 persen. Sementara yang sembuh baru 199 orang atau jika dipersentase baru di angka 8,65 persen.

Penyebabnya, recovery rate atau tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Surabaya yang rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan tingkat kematiannya yang cenderung lebih tinggi.

Menurut Khofifah, grafik tersebut harus dijadikan catatan bersama bahwa berbagai ikhtiar sudah dilakukan, tenaga kesehatan dan gugus tugas sudah bekerja luar biasa. Tapi faktanya recovery rate Surabaya masih terendah.

Baca Juga: Surabaya dalam Bahaya Korona

"Ini recovery rate dari kota-kota besar yang ada di Indonesia. Tertinggi Kota Semarang dan Kota Surabaya terendah," ujar Khofifah mengingatkan.

Karena itu, pihaknya meminta untuk bergerak seperti Kota Semarang. Semua maksimalisasi yang sudah dilakukan, terutama oleh tim tenaga kesehatan, sekali lagi harus diikuti oleh kedisiplinan yang kuat dan kontinue oleh seluruh lapisan masyarakat.

Terlebih menurut dia vaksin untuk menyembuhkan Covid-19 belum ditemukan. "Jadi vaksinnya adalah kedisiplinan itu sendiri, kepatuhan terhadap protokol itu sendiri," tegasnya. (OL-13)

Baca Juga: Dua Klaster Baru Korona Muncul Surabaya

 

Baca Juga

Antara

Per Hari, Rerata 125 Orang Positif Korona di Sumut

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:49 WIB
Lonjakan kasus positif dalam tiga hari terakhir sangat tidak sebanding dengan jumlah pasien sembuh yang hanya rata-rata 11 orang setiap...
MI/Gabriel Langga

Biaya Rapid Test di Manggarai Barat Mahal

👤John Lewar 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:30 WIB
Para pelajar dan masyarakat umum di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengeluhkan mahalnya biaya rapid test yang...
MI/Dwi Apriani

Ratusan Nelayan Muba Diverifikasi Kemen ESDM Konversi BBM ke BBG

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:15 WIB
Verifikasi itu bagian dari program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya