Jumat 29 Mei 2020, 19:35 WIB

Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

Fetry Wuryasti | Weekend
Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

AFP/JOHANNES EISELE (STF)
Apple Watch

Untuk memerangi pandemi covid-19, sejumlah riset mulai dilakukan atas kemungkinan perangkat cerdas macam Apple Watch atau Fitbit, dapat mendeteksi seseorang dengan virus corona, atau flu, maupun kemungkinan penyakit lain.

Potensi dari perangkat canggih tersebut menjadi krusial kini seiring dengan akan diakhirinya masa swakarantina di banyak negara, seperti Amerika Serikat. Di negara tersebut, lebih dari 1 dari 5 orang  (21%) sudah memakai beberapa jenis jam tangan pintar atau pelacak kebugaran, menurut Pew Research Center.

Fitbit telah mengumumkan studi Fitbit Covid-19 untuk membantu peluang  Fitbit membangun algoritma untuk mendeteksi COVID-19 sebelum gejala dimulai. Hal ini disampaikan perusahaan itu dalam sebuah unggahan di blog baru-baru ini. Mereka mencari peserta yang berusia 21 tahun atau lebih dan memiliki atau sedang mengalami gejala Covid-19 atau terkait flu.

Fitbit, bersama dengan Apple, juga berkolaborasi dengan Stanford Healthcare Innovation Lab dalam COVID-19 Wearables Study.

"Kami berharap dapat memprediksi timbulnya, atau bahkan sebelum gejala mulai," kata para peneliti di halaman pendaftaran studi Stanford.

Laboratorium Stanford mencari orang-orang yang mengidap virus korona yang bisa dijadikan sampel, terpapar pada kasus yang diketahui atau diduga atau berada di antara personel garis depan seperti petugas kesehatan atau pekerja toko bahan makanan.

Selain Apple Watch dan Fitbit yang dapat dikenakan, laboratorium ini juga mencari pemakai perangkat Empatica dan Garmin, Oura Ring dan produk wearable lain yang mengukur detak jantung. Studi ini berencana untuk meminta dukungan Android untuk aplikasi MyPHD sehingga perangkat Galaxy Fit dan Galaxy Watch juga dapat digunakan untuk kepentingan penelitian. ​​Saat ini, perangkat tersebut harus menghubungkan aplikasi Samsung Health ke Apple Health lebih dulu. (USAToday/M-2)

 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Garda Terdepan Ciliwung

👤 (M-1) 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:35 WIB
JIKA tenaga medis disebut garda terdepan dalam perang melawan covid-19, pria ini pantas disebut garda terdepan...
Sumber: Statista/Ourworldindata/Global Carbon Project/The Guardian/Tim Riset MI-NRC

Penurunan Emisi CO2 selama Pandemi Korona

👤 Statista/Ourworldindata/Global Carbon Project/The Guardian/Tim Riset MI-NRC 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:30 WIB
EMISI karbon dioksida (CO2) akibat penggunaan bahan bakar fosil sejak kali pertama tercatat hingga saat ini menunjukkan peningkatan yang...
MI/SUMARYANTO BRONTO

FIKHI Ikrimah Wati Bantu Penyintas Kanker

👤Bus/M-4) 🕔Minggu 12 Juli 2020, 05:25 WIB
FIKHI Ikrimah Wati yang akrab dipanggil Fikhi ialah seorang penyin tas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya