Jumat 29 Mei 2020, 17:30 WIB

​​​​​​​LPS Turunkan Tingkat Bunga Penjaminan

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
​​​​​​​LPS Turunkan Tingkat Bunga Penjaminan

ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah

 

LEMBAGA Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan penurunan Tingkat Bunga Penjamian untuk simpanan rupiah dan valuta asing di bank umum serta simpanan rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar 25 basis poin. Keputusan tersebut buah dari Rapat Dewan Komisioner LPS pada Rabu (27/5).

Dengan demikian tingkat bunga penjaminan LPS pada bank umum untuk rupiah menjadi 5,50% dan valuta asing 1,50%. Sementara Tingkat bunga penjaminan LPS pada BPR untuk rupiah menjadi 8,00%. Itu berlaku sejak 30 Mei 2020 hingga 30 September 2020.

Kebijakan penurunan tingkat bunga penjaminan simpanan tersebut didasarkan pada perkembangan terkini dari suku bunga simpanan, kondisi likuiditas perbankan, kondisi perekonomian, dan stabilitas sistem keuangan. 

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah dari keterangan resmi yang diterima, Jumat (29/5) menjelaskan, kondisi dan prospek likuiditas perbankan terpantau masih relatif stabil dalam jangka pendek, meskipun terdapat tendensi peningkatan risiko sebagai dampak dari perlambatan ekonomi. 

"Kondisi stabilitas sistem keuangan relatif terjaga meskipun terdapat tekanan-tekanan pada kinerja pasar keuangan. Hal ini tercermin dari fundamental sektor perbankan yang relatif masih kuat dengan tingkat permodalan mencapai 21,72% dan kondisi likuiditas yang relatif memadai dengan LDR (Loan to Deposit Ratio) mencapai 91,92%," tuturnya.

Baca juga: BI Laporkan Pelambatan Ekonomi Indonesia di Triwulan 1 2020

LPS, imbuh dia, akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi serta terbuka untuk melakukan penyesuaian terhadap kebijakan tingkat bunga penjaminan simpanan dengan mempertimbangkan arah suku bunga simpanan perbankan ke depan, dinamika berbagai faktor ekonomi, stabilitas sistem keuangan dan kondisi likuiditas perbankan.  

Sesuai dengan ketentuan program penjaminan simpanan, LPS meminta agar bank menyampaikan kepada nasabah penyimpan mengenai Tingkat Bunga Penjaminan simpanan yang berlaku. Apabila nasabah penyimpan menerima hasil bunga melebihi tingkat bunga penjaminan LPS, maka simpanan nasabah tersebut menjadi tidak dijamin LPS. (A-2)

Baca Juga

Antara/Moch Asim

Perpres Baru Kartu Prakerja Dinilai Lahirkan Kerancuan Baru

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:32 WIB
Itu terkait dengan pasal 31A yang menyebutkan pemilihan mitra program Kartu Prakerja bukan merupakan bagian dari pengadaan barang dan jasa...
Dok. Petrokimia gresik

Dorong Ketahanan Pangan, Petrokimia Gresik Gencarkan Inovasi

👤M. Iqbal Al Macchmudi 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:17 WIB
Indonesia harus memperkuat sektor pertanian domestik sebagai penopang utama ketahanan pangan nasional dan terhindar dari krisis...
MI/Andri Widiyanto

Cegah Kasus Indosurya Terulang, Pengawasan Koperasi Diperketat

👤Antara 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:30 WIB
PEMERINTAH akan memperketat pengawasan terhadap aktivitas bisnis koperasi untuk mencegah terulangnya kasus gagal bayar Koperasi Simpan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya