Jumat 29 Mei 2020, 16:34 WIB

Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya Diintegrasikan

Dhika kusuma winata | Ekonomi
Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Jakarta-Surabaya Diintegrasikan

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kereta api melintas di samping proyek pembangunan jalur kereta cepat Jakarta-Bandung di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

 

PEMERINTAH memutuskan untuk tetap mengerjakan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Proyek itu akan diintegrasikan dengan kereta semicepat Jakarta-Surabaya.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut pengintegrasian tersebut diputuskan karena dianggap lebih ekonomis. Pasalnya, pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah molor sekitar satu tahun dan terjadi pembengkakan biaya.

"Terkait proyek kereta cepat juga terjadi budget overrun dan ada keterlambatan selama satu tahun. Arahan Presiden agar lebih ekonomis untuk didorong kelanjutan proyek tidak hanya berhenti di Bandung tetapi terus sampai Surabaya," ungkap Airlangga seusai rapat terbatas mengenai evaluasi proyek strategis nasional untuk pemulihan ekonomi dampak covid-19, Jumat (29/5).

Airlangga menambahkan pemerintah juga akan menambah konsorsium yang mengerjakan proyek tersebut yakni dari Jepang. Sebelumnya, proyek itu dikerjakan konsorsium dari dalam negeri dan Tiongkok yakni PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Konsorsium terdiri dari PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan China Railway Corporation.

Adapun proyek kereta Jakarta-Surabaya ialah kereta semicepat yang masih dalam tahap studi. Dalam proyek itu, pemerintah menggandeng Japan International Cooperation Agency (JICA). Menurut Airlangga, pengintegrasian dua proyek itu akan dikaji dan dihitung Menteri BUMN.

"Dusulkan agar konsorsium bisa ditambah dari Jepang. Oleh Menteri BUMN akan dikaji, baik itu mengenai anggota konsorsium juga mengenai rute dan total projek," ucap Airlangga.(OL-4)

Baca Juga

DOK BUKOPIN

Bank Bukopin Siapkan Program Istimewa untuk Nasabah Prioritas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Juli 2020, 09:42 WIB
Nasabah akan mendapatkan hadiah langsung, antara lain voucher belanja, logam mulia, dan premi asuransi atau saldo...
Antara/Aditya Pradana Putra

Sri Mulyani : Preseden RI Tangani Pandemi Ada di Jaman Belanda

👤 M Ilham Ramadhan 🕔Minggu 05 Juli 2020, 08:05 WIB
Covid-19  bisa dikatakan extraordinary dan unprecedented karena  presedennya adalah 100 tahun yang...
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/pras.

Restrukturisasi Pinjaman Digulirkan

👤(Mir/N-3) 🕔Minggu 05 Juli 2020, 06:55 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM, Teten Masduki, secara simbolis menyerahkan restrukturisasi pinjaman atau pembiayaan dari Lembaga Penyalur Dana...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya