Jumat 29 Mei 2020, 16:07 WIB

​​​​​​​TKD PNS DKI Dibayarkan Penuh Usai Pandemi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
​​​​​​​TKD PNS DKI Dibayarkan Penuh Usai Pandemi

MI/RAMDANI
Sejumlah Aparatur Sipil Negara ASN Pemprov DKI Jakarta foto bersama seusai mengikuti halalbihalal, Juni 2019.

 

TUNJANGAN Kinerja Daerah (TKD) PNS DKI akan ditunda pencairannya sebanyak 25%. Penundaan ini dilakukan karena Pemprov DKI harus mengalihkan anggaran ke penanganan covid-19. Selain itu, Pemprov DKI mengalami penurunan pendapatan akibat pelemahan ekonomi selama wabah melanda.

Namun, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir menegaskan pihaknya akan mencairkan 25% TKD yang ditunda tersebut saat perekonomian Jakarta sudah pulih dan wabah covid-19 serta dampak turunannya sudah selesai ditangani.

"Ya betul. Setelah semua bisa ditangani dan ekonomi sudah pulih kita bisa mencairkan yang 25% itu," kata Chaidir saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (29/5).

Baca juga: DPRD DKI: Pemotongan Tunjangan PNS Picu Kecemburuan Sosial

Chaidir membantah isu yang beredar bahwa TKD PNS DKI dipotong hingga 50%. Ia menuturkan pemotongan dilakukan hanya 25% karena harus dialihkan ke bantuan sosial. Sementara 25% lainnya hanya ditunda.

"Ya untuk TKD ada yang di tunda 25 %. Pengertiannya juga bukan pemotongan tapi rasionalisasi atas kontraksi ekonomi. APBD mengalami penyesuaian salah satu kompenennya Belanja Pegawai yaitu TKD atau TPP ikut menyesuaikan, bukan dipotong," jelas Chaidir.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meluruskan isu bahwa TKD, gaji dan THR PNS dipotong. Menurutnya gaji serta THR tidak ada yang dipotong. Semua diberikan secara penuh namun hanya untuk eselon 3 ke bawah. Untuk eselon 1 dan 2 tahun ini tidak mendapat THR.

Sementara itu, untuk TKD ada penyesuaian karena keharusan untuk melakukan realokasi anggaran. (A-2)

Baca Juga

MI/Usman Kansong

SKPD Depok Sandiwara Bongkar Bangunan

👤KG/J-2 🕔Sabtu 26 September 2020, 07:00 WIB
Kuat dugaan bangunan di seberang Perumahan Gema Pesona Estate (GPE), di Kampung Serab RT 005/05, Kelurahan Tirtajaya, Kota Depok, tidak...
Paxels/Medcom.id

Kebijakan Isolasi Mandiri Terkesan Labil

👤Put/Hld/J-2 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:54 WIB
Pemprov mempersilakan warga yang terpapar covid-19 tanpa gejala, khususnya mereka yang memiliki rumah cukup besar untuk melakukan isolasi...
MTVN/Intan Fauzi

DKI Bangun Pengolahan Air Limbah

👤Put/J-2 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:47 WIB
Keberadaan IPAL dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan akses pelayanan air limbah, perbaikan kualitas lingkungan pada air permukaan dan air...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya