Jumat 29 Mei 2020, 15:59 WIB

Jelang New Normal, TNI-Polri Fokus Jaga di Sektor Ini

Tri Subarkah | Megapolitan
Jelang New Normal, TNI-Polri Fokus Jaga di Sektor Ini

AFP
Ilustrasi kenormalan baru

 

POLDA Metro Jaya beserta TNI tengah menggodok kekuatan yang akan diterjunkan terkait tatanan kenormalan baru (new normal) di Jakarta. Sejauh ini, ada dua sektor yang menjadi fokus pengawasan TNI dan Polri, yakni sektor ekonomi dan transportasi.

Sektor ekonomi meliputi pusat perbelanjaan baik tradisional maupun modern. Sedangkan sektor transportasi mencakup terminal, stasiun KRL, MRT, dan LRT, serta bandara.

 

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, nantinya akan didirikan pos gabungan di sektor-sektor tersebut untuk mengawasi protokol kesehatan.

 

"Kami akan dirikan pos. (Masyrakat) masuk ke dalam, ada protokol kesehatan, kita akan ukur dengan thermogun. Suhu 37,5 derajat celsius lebih saja itu tidak boleh masuk," kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (29/5).

Apabila ada masyarakat yang kedapatan memiliki suhu di atas 37,5 derajat celcius, lanjut Yusri, akan dibawa ke pos dan diperiksa oleh tim kesehatan.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, petugas di lapangan juga akan mengimbau masyarakat untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke objek-objek tersebut.

"Masuk ke dalam harus cuci tangan dulu, akan disediakan oleh pengusaha tempat keramaian, ada tempat cuci tangan, dan hand sanitizer. Masuk ke dalam harus menggunakan masker, tidak ada masker, tidak boleh masuk," tandsanya.

Yusri juga mengatakan personel Polri maupun TNI akan mengawasi jalannya physical distancing antarpengunjung. Di pusat perbelanjaan misalnya, penerapan jarak juga dilakukan hingga di dalam toko.

"Di dalam (pusat perbelanjaan) pun sama, physical distancing di masing-masing tenant. Masuk ke toko mana harus ada jarak-jarak. Semua sama, mau di tempat-tempat kereta api sama, ada tanda silang di tempat duduk untuk physical distancing," pungkasnya. (OL-8).

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Pesepeda: Jalur Khusus Sepeda Harus Terkoneksi

👤Astri Novaria 🕔Minggu 05 Juli 2020, 06:15 WIB
Aspek lainnya yang menurutnya harus didukung adalah adanya jalur khusus...
ANTARA/Fachrozi Amri

Antisipasi Balap Liar di Monas, Polda Metro Tingkatkan Pengawasan

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 01:06 WIB
Kawasan sekitar Monas kerap digunakan sebagai lintasan balap liar yang dilakukan tengah malam termasuk saat malam...
MI/ Insi Nantika Jelita

Tanpa Surat Rapid Test, Yaya Urung Mudik ke Jombang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 04 Juli 2020, 19:49 WIB
"Saya mau ke Jombang (Jawa Timur). Ini mendadak karena orang tua saya meninggal. Ingin buru-buru, tapi saya kurang syaratnya, surat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya