Jumat 29 Mei 2020, 14:01 WIB

KPU Laporkan Kebocoran Data ke Bareskrim Polri

Sri Utami | Politik dan Hukum
KPU Laporkan Kebocoran Data ke Bareskrim Polri

Medcom.id
ilustrasi

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan kebocoran data daftar jumlah pemilih tetap KPU ke Bareskrim Polri. Laporan yang dilayangkan pada Kamis, (28/5) tersebut dijelaskan Kabagpenum Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan telah disampaikan namun masih berkas yang diserahkan masih harus dilengkapi. 

"Syarat formilnya belum lengkap jadi hari ini harus dilengkapi," ujarnya, Jumat (29/5). 

Berkas dokumen yang dilaporkan KPU tersebut belum dikengkapi dengan surat tugas pimpinan KPU termasuk hasil terjemahan media sosial. Pada hari ini, Jumat (29/5), berkas tersebut rencananya akan segera dilengkapi yang kemudian menjadi laporan resmi di Bareskrim Pori. 

"Surat tugas dari pimpinan KPU dan hasil terjemahan media sosial tidak dibawa. Maka hari ini direncanakan KPU datang kembali ke Bareskrim Polri untuk membuat laporan polisi." ungkapnya. 

Baca juga: KPU Resmi Lapor Polisi soal Penyebaran Data DPT Pemilu 2014

Sebelumnya akun @underthebreach mengungkap, peretas  mengancam akan membocorkan data informasi warga serupa sebanyak 200 juta. Dalam unggahannya peretas menyebutkan data yang dijualnya dapat digunakan untuk registrasi nomor telepon atau menambang data nomor telepon dari Indonesia.

Data-data tersebut dalam bentuk file PDF yang didapatkan dari KPU. Dalam gambar lainnya, terdapat dokumen berlogo KPU dengan keterangan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2014.

Dokumen berisi nomor KK, KTP, nama pemilih, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, serta alamat. Bahkan peretas menampilkan sejumlah folder dengan nama kecamatan maupun kabupaten/kota di Yogyakarta. (A-2)

Baca Juga

 Archie Bhadrika / AFP

Polisi Tak Temukan Gelagat Aneh Sebelum Camille Gantung Diri

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:50 WIB
Menurut Wakil Direktur Tahanan dan Barang Bukti PMJ Kompol Ervin, tidak ada gelagat aneh yang ditunjukkan saat polisi menggiring Camille...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Wapres: Tokoh Agama bisa Bantu Keberhasilan AKB

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:25 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak tokoh agama untuk mengingatkan seluruh pihak agar patuh dan konsisten menjalankan...
MI/M. Irfan

Siang Ini, DPR Gelar Paripurna Sahkan Perppu Pilkada Jadi UU

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:19 WIB
DPR akan menggelar rapat paripurna pada Selasa (14/7). Rapat kali ini mengesahkan beberapa aturan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya