Jumat 29 Mei 2020, 13:45 WIB

Jawa Tengah Belum akan Membuka Destinasi Wisata

Akhmad Safuan | Nusantara
Jawa Tengah Belum akan Membuka Destinasi Wisata

ANTARA/Oky Lukmansyah
Seorang anak menerobos pagar pintu masuk objek wisata Pantai Alam Indah (PAI) di Tegal, Jawa Tengah, Rabu (27/5).

 

BERBAGAI destinasi wisata di Jawa Tengah belum ada rencana untuk dibuka kembali. Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jateng belum dapat memastikan pelaksanaan normal baru (new normal) dalam kondisi seperti saat ini.

Pemantauan Media Indonesia, Jumat (29/5), berbagai destinasi wisata di Jawa Tengah seperti destinasi budaya, gunung maupun pantai hngga saat ini masih tertutup untuk kunjungan wisatawan, bahkan persiapan menyambut kedatangan wisatawan menuju era normal baru juga tidak terlihat.

Demikian juga dengan kegiatan budaya ataupun pertunjukan yang banyak mengundang wisatawan juga belum terjadwal kembali sejak badai covid-19 melanda. Semua masih menunggu langkah selanjutnya untuk kembali dihidupkan atraksi budaya yang banyak menarik perhatian.

Meskipun banyak warga di sekitar destinasi wisata dan penggiat wisata berharap memasuki era normal baru ini obyek wisata dan kegiatan budaya kembali hidup. Namun Pemrov Jawa Tengah belum melangkah untuk kembali membuka destinasi yang ada maupun menggerakkan budaya yang banyak mengundang wisatawan tersebut.

"Wah kalau untuk kepastian dibuka kembali destinasi dan kegiatan wisata kita nunggu kebijakan saja, tanyakan saja ke Pak Gubernur," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Sinoeng N Rachmadi.

Baca juga: Solo Laksanakan New Normal Usai KLB Korona Dicabut

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara terpisah nengatakan hingga saat ini belum ada rencana membuka kembali destinasi wisata dan menjadwalkan kegiatan wisata. Pasalnya hingga saat ini juga belum ada rencana kapan akan dimulai normal baru di provinsi ini.

"Kita belum siap melaksanakan new normal, semua masih dipertimbangkan baik sistem maupun bentuknya karena indek covid-19 juga belum menurun, latihan dulu saja," kata Ganjar Pranowo.

Pembukaan destinasi wisata, demikian Ganjar, memerlukan pertimbangan dan rencana yang matang, baik persiapan pengelola hingga obyeknya sendiri. Sebab di tengah covid-19 ini semua harus diatur sesuai protokol kesehatan yang ada. Hal itu mulai dari ketentuan, persyaratan wisatawan hingga pengaturan transporasi. (A-2)

 

Baca Juga

ANTARA

Riau Segera Terbitkan Perda Penegakan Hukum Protokol Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:53 WIB
Rencana untuk mengeluarkan Perda penegakan hukum protokol kesehatan di Riau telah disetujui oleh DPRD. Dalam waku dekat aturan ini akan...
ANTARA

Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka Pada 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:21 WIB
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka. Diantaranya harus mendapat persetujuan dari gugus...
ANTARA/Umarul Faruq

Jatim Masukkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Dalam Perda

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:06 WIB
Perubahan Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi peraturan bupati dan wali kota dalam rangka penyelenggaraan ketentraman dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya