Jumat 29 Mei 2020, 13:30 WIB

Solo Laksanakan New Normal Usai KLB Korona Dicabut

Widjajadi | Nusantara
Solo Laksanakan New Normal Usai KLB Korona Dicabut

MI/WIDJAJADI
Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai berdialog dengan menejemen Solo Paragon Mall dalam rangka persiapan new normal.

 

TIGA petinggi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Solo meninjau Solo Paragon Mal, sebagai salah satu pusat keramaian dan perekonomian di Kota Solo untuk menyambut tata kehidupan new normal di Kota Solo.

Ketiga pimpinan yang muncul kompak di Paragon Mal itu adalah Wali Kota FX Hadi Rudyatmo, Kapolresta Kombes Pol Andy Rifai dan Dandim 0735/Ska Letkol Inf Wiyata S Aji. 

Mereka cukup puas dengan piranti protokol kesehatan yang  disiapkan pusat swalayan terbesar di Kota Solo menyambut pengunjung di era new normal

Kapolresta Kombes Pol Andy Rifai menegaskan kunci kehidupan kebornalan baru dalam suasana pandemi korona, ada pada kesadaran masyarakat dalam berdisiplin menjaga kesehatan, terutama saat berkegiatan di pusat keramaian.

"Jadi yang terpenting ialah adanya kesadaran masyarakat untuk disiplin menjaga kesehatannya. Itu yang ditekankan saat saya bersama Wali Kota Solo dan Komandan Kodim saat melakukan pengecekan kesiapan new normal di mal," ujar Andy kepada wartawan, Jumat (29/5).

Mantan Kapolres Sukoharjo itu telah memberikan instruksi pada jajarannya untuk menyusuri semua sudut Paragon Mal dan setiap tenan, dalamnmenyiapkan piranti infrastruktur yang sesuai dengan protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, tempat duduk, lokasi antrean kasir, tempat makan, dan lainnya semua sudah siap.

Untuk melihat keseriusan pihak menejemen mal, Andy telah mencoba menggunakan tempat cuci tangan yang disediakan dan berfungsi dengan baik. 

"Demikian halnya tempat antrian kasir di tempat belanja juga sudah diberikan jarak," imbuh dia.

Baca juga: 11 Kepala OPD di Kendal Dikarantina

Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mengatakan penerapan new normal di Solo akan dilaksanakan setelah status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 dicabut. Tiga hari sebelumny status KLB Solo diperpanjang hingga 7 Juni

Karena itu dalam masa persiapan menuju new normal perlu diberitahukan pada pihak pihak oelaku ekonomi agar melengkapi fasilitas untuk mendukung pelaksanaan kehidupan kenormalan di tengah pandemi korona.

Selain di mal lokasi yang juga dijadikan sasaran pengecekan kesiapan new normal di antaranya tempat ibadah, warung makan, pasar modern, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

"Kesadaran masyarakat disiplin kesehatan dangat penting untuk menerapkan new normal. Itu imbauan untuk masyarakat," kata dia.

Terpisah, Chief Marcomm Solo Paragon Lifestyle Mall Veronica Lahji, memastikan manajemen Solo Paragon Mal siap menerapkan new normal. Semua infrastruktur berkaitan dengan protokol kesehatan sudah siap semua.

"Kami mematuhi aturan Wali Kota Solo dan menerima masukan dari Polresta Surakarta," tandas Veronica. (A-2)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

4 Partai Siap Menangkan Piet Kasihiw-Matret di Pilkada Bintuni

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 10:20 WIB
Pasangan tersebut didukung oleh empat partai yakni NasDem, Golkar, Demokrat dan PDI...
MI/Haryanto

Ganjar Lepas Puluhan Dokter Peserta Tour de Borobudur

👤Haryanto 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 09:21 WIB
Para dokter ini pun diminta Ganjar untuk menyosialisasikan protokol kesehatan di setiap ttitik...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Positif Covid-19 di Klaten Bertambah 12 Orang

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 08:23 WIB
Sebanyak 12 pasien baru terkonfirmasi positif terinfeksi covid-19 adalah warga dari Kecamatan Klaten Utara, Wedi, Polanharjo, Jogonalan,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya