Jumat 29 Mei 2020, 09:56 WIB

2 Mobil Mesin PCR Layani Swab Test Lamongan dan Tulungagung

RO/Micom | Nusantara
2 Mobil Mesin PCR Layani Swab Test Lamongan dan Tulungagung

dok pemprov jatim
Mobil mesin PCR dengan kapasitas maksimal bisa mencapai 1.600 sample/hari.

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur kembali mendapatkan bantuan berupa dua unit Mobil mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) dari pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ini penting, sebagai salah satu langkah untuk percepatan layanan laboratorium dalam melakukan tes swab di Jatim.

Satu unit mobil mesin PCR bernopol B 7190 TDB dari BNPB diserahterimakan pihak BNPB kepada Gugus Kuratif Covid-19 Pemprov Jatim di halaman Rumah Sakit Lapangan Covid-19 Pemprov Jatim, Jl. Indrapura No 17 Surabaya, pada Rabu (27/5) siang.

Adapun satu unit mobil mesin PCR lainnya diterima  Kamis (28/5).

Usai diserah terimakan, dua  unit Mobil Mesin PCR tersebut langsung dioperasionalkan di  Asrama Haji Surabaya serta RSUD Sidoarjo.  Mobil mesin PCR juga akan difungsikan sebagai mobile laboratorium untuk daerah-daerah yang membutuhkan di Jatim. Hari ini kedua mobil tersebut akan  melayani masyarakat  kabupaten Lamongan dan Tulungagung.

Terkait bantuan ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada BNPB yang terus mendukung Jatim untuk melakukan percepatan-percepatan dalam penanganan Covid-19. 

"Alhamdulilah kami kembali mendapat bantuan dari BNPB, berupa dua unit mobil mesin PCR. Bantuan ini penting, karena saat ini kebutuhan mesin PCR test  untuk swab  memang yang paling dibutuhkan karena validitasnya paling tinggi," ungkap Khofifah.

Khofifah menjelaskan, mobil mesin PCR ini masing- masing  juga dilengkapi 4  peralatan/mesin PCR. Masing-masing mesin PCR memiliki kapasitas tes maksimal  200 sample/hari. Dengan demikian, tiap satu unit mobil dengan empat  Mesin PCR mempunyai kapasitas pelayanan sebanyak 200 kali empat mesin  per hari. Sehingga, dua mobil ini total kapasitas layanannya dapat  mencapai 1.600 sample/hari.

"Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini maka kapasitas maksimal layanan swab test di Jatim jika dimaksimalkan mencapai   3.106 sample/hari," imbuhnya. 

Selain itu, setiap unit mobil  juga dilengkapi dengan 2 unit mesin ekstraksi, 4.992 buah ekstra kit, dan sebanyak 4.992 reagen PCR kit.

"Dengan tambahan bantuan mobil mesin PCR ini, kita harap proses tes swab  dengan PCR bisa dilakukan dengan cepat. Terlebih, kecepatan ini juga sangat mempengaruhi penanganan wabah Covid-19 dan tentunya juga bisa memberikan ketenangan pada masyarakat," urainya.

“Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat Jatim bahwa baik APD maupun reagen PCR kit yang kita miliki saat ini sudah mencukupi,” pungkas mantan Menteri Sosial ini.

 Selanjutnya yang sangat menentukan adalah kedisiplinan kita untuk menjaga pola hidup bersih dan  sehat, menggunakan masker jika keluar rumah serta menjaga jarak yang aman mengingat vaksin covid-19 belum ditemukan. (J-1) 

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Puluhan Tenaga Medis RSUD Moewardi Solo Reaktif Covid-19

👤Haryanto 🕔Minggu 12 Juli 2020, 03:40 WIB
Selain memperketat tracing kontak, RSUD Moewardi Solo juga mengurangi karyawan non medis sebanyak 50 persen serta mengurangi jumlah...
ANTARA

Pemkot Medan Perkuat Manajemen Aset Daerah

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 12 Juli 2020, 03:05 WIB
Hingga saat ini pun masih ada beberapa aset-aset Pemkot Medan yang sedang berperkara di pengadilan dan dikuasai oleh pihak...
ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya