Jumat 29 Mei 2020, 08:46 WIB

TNI-Polri Susun Skenario Penerapan New Normal

Siti Yona Hukmana | Megapolitan
TNI-Polri Susun Skenario Penerapan New Normal

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Anggota TNI memberikan imbauan pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 kepada penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta.

 

TNI-Polri tengah menyusun skenario penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru bagi masyarakat dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19). Presiden Joko Widodo mengerahkan aparat keamanan itu untuk mendisiplinkan masyarakat dalam penerapan new normal.

"Kita sedang merancang dimana saja lokasi-lokasi yang akan dijadikan new normal, pembukaan. Terus berapa personel yang disiapkan, karena memang yang dikedepankan adalah TNI-Polri untuk mengawasi kegiatan tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus sata dikonfirmasi, Jumat (29/5).

Perancangan skenario dilakukan dalam rapat koordinasi antara Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya. Titik-titik pengawasan menjadi pembahasan utama.

Baca juga: DKI Antisipasi 1,8 Juta Pemudik

Yusri mencontohkan pengawasan di wilayah Jakarta Selatan. Menurut dia, ada dua sektor yang akan dijadikan pengawasan, yakni sektor ekonomi dan sektor moda transportasi.

"Sektor ekonomi, pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional sudah enggak masalah karena kan sudah buka dari kemarin untuk kebutuhan pokok masyarakat, kalau pasar modern ini mal," ujar Yusri.

Kemudian sektor moda transportasi seperti stasiun, bandara, terminal, MRT Jakarta, LRT. Pada saat penerapan new normal, moda transportasi akan kembali dibuka untuk melayani masyarakat.

"Nah kami sedang rapatkan mana di Jakarta Selatan sektor ekonomi dan moda transportasi yang direncanakan akan diamankan oleh berapa kekuatan dari kodim dan dari kepolisian," ungkapnya.

Pembukaan atau pelaksanaan new normal nantinya dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

TNI-Polri, kata Yusri, mendukung kebijakan pemerintah terkait penerapan new normal tersebut.

"TNI-Polri juga sudah siap. Kesiapan personel, bagaimana cara bertindak di lapangan sudah kita siapkan semuanya," tuturnya.

Yusri menyebut, penindakan tidak jauh beda dengan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Masyarakat diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

"Bikin pos lalu menjaring masyarakat yang tidak menggunakan masker dan protokol kesehatan lainnya," ujar dia. (OL-1)

Baca Juga

MI/M Soleh

Polri Bakal Copot Oknum Pemberi Surat Jalan Joko S Tjandra

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:23 WIB
"Jadi hari ini sedang diperiksa, sore ini selesai pemeriksaan, jika terbukti akan dicopot dari jabatan," tegas Kadiv Humas Polri...
MI/PIUS ERLANGGA

SIKM Ditiadakan, Warga Jakarta Diminta Isi Aplikasi CLM

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:15 WIB
Kemudian, lanjut Syafrin, mesin akan memberi jawaban terkait aman atau tidak warga untuk melakukan...
MI/Pius Erlangga

Negatif Korona, 47.650 WNI Repatriasi Dipulangkan ke Daerah Asal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:11 WIB
WNI yang dipulangkan tersebut merupakan pekerja migran Indonesia dan awak anak buah kapal (ABK) dari kapal berbendera...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya