Jumat 29 Mei 2020, 09:15 WIB

New Normal di Jabar Diterapkan Mulai Senin, PSBB Masih Berlaku

Kristiadi | Nusantara
New Normal di Jabar Diterapkan Mulai Senin, PSBB Masih Berlaku

MI/ BARY FATHAHILAH
Petugas membersihkan dan mensterilisasi bangku ruang tunggu pasien di Poliklinik RSUD Kota Depok, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

 

PEMBERLAKUAN new normal akan diterapkan di semua kabupaten dan kota Provinsi Jawa Barat, mulai Senin (1/6), sesuai arahan Presiden. Namun, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih diterapkan dengan skala wilayah lebih kecil yaitu di kelurahan atau desa berkategori zona merah covid-19.

"Pemberlakuan new normal akan dijalankan serentak di 27 kabupaten/kota se Jawa Barat dan semua daerah akan membuka kembali fasilitas umum, sektor perekonomian, hingga sektor lain sesuai dengan protokol kesehatan dan mekanisme yang ditentukan. Akan tetapi, PSBB masih berlaku bagi wilayah desa atau kelurahan kategori zona merah covid-19," kata Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Jumat (29/5).

Uu mengatakan, meski new normal diberlakukan pada 1 Juni, masyarakat diminta tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sesuai anjuran pemerintah.

Baca juga: Cegah Covid-19, Pengawasan di 20 Pelabuhan Tikus Babel Diperketat

"Kalau masyarakat tidak taat aturan bahaya. Akan tetapi, diberlakukan PSBB kembali justru akan merugikan semuanya, karena ekonomi tidak bergerak. Namun, ada sebagian yang masih diperpanjang yakni di desa dan kelurahan yang statusnya zona merah guna mempersempit penyebaran covid-19 dan semua fasilitas umum nantinya akan dijaga Polisi, TNI dan Satpol PP," ujarnya.

Menurutnya, sampai sekarang, Pemprov Jabar bersama Polda Jabar dan Kodam III Siliwangi serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) tengah merumuskan mekanisme yang nanti akan diterapkan pada new normal. Pemberlakuan tersebut nantinya dilakukan di mal, pasar, masjid, dan lainnya.

"Untuk fasilitas umum milik pemerintah yakni ruang publik atau sarana perkantoran akan dilibatkan penjagaan TNI, Polri, dan Satpol PP serta unsur pemerintahan daerah setempat. Sedangkan, masjid, sekolah, dan fasilitas lain akan dijaga oleh anggota Polri dan TNI dilakukan di 27 kota dan kabupaten se Jabar," pungkasnya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Puluhan Tenaga Medis RSUD Moewardi Solo Reaktif Covid-19

👤Haryanto 🕔Minggu 12 Juli 2020, 03:40 WIB
Selain memperketat tracing kontak, RSUD Moewardi Solo juga mengurangi karyawan non medis sebanyak 50 persen serta mengurangi jumlah...
ANTARA

Pemkot Medan Perkuat Manajemen Aset Daerah

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 12 Juli 2020, 03:05 WIB
Hingga saat ini pun masih ada beberapa aset-aset Pemkot Medan yang sedang berperkara di pengadilan dan dikuasai oleh pihak...
ANTARA/Bayu Pratama S

70% Kasus Positif Korona di Kalsel Terjadi di Lima Kabupaten/Kota

👤Denny S 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 23:10 WIB
Total kasus positif virus korona dari lima daerah dari 13 kabupaten/kota di Kalsel ini mencapai lebih 70 persen total kasus yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya