Jumat 29 Mei 2020, 07:31 WIB

​​​​​​​DPR Pertanyakan Penunjukan Dirut TVRI

Cahya Mulyana | Humaniora
​​​​​​​DPR Pertanyakan Penunjukan Dirut TVRI

MI/ARDI TERISTI HARDI
Anggota Komisi I DPR RI Sukamta

 

DPR mempertanyakan keputusan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI yang menunjuk Iman Brotoseno sebagai Direktur Utama menggantikan Helmy Yahya. 

Hal itu di luar rekomendasi Komisi I ditambah terdapat beberapa catatan atas riwayat Iman.

"Kami sangat menyayangkan pemilihan ini. TVRI tidak melaksanakan rekomendasi Komisi I untuk menunda pemilihan tersebut. DPR seperti tidak punya marwah di hadapan Dewas. Sebetulnya, mau dibawa ke mana TVRI ini," kata anggota Komisi I DPR RI Sukamta dalam keterangan resmi, Jumat (29/5).

Wakil Ketua Ketua Fraksi PKS ini juga mempertanyakan track record Iman yang sempat mendapat sorotan publik. Itu karena yang bersangkutan pernah menjadi kontributor majalah Playboy Indonesia.

Majalah Playboy Indonesia adalah majalah dewasa yang pernah terbit pada April 2006 hingga Maret 2007. Iman juga pernah menjadi konsultan di ranah politik.

Baca juga: Gantikan Helmy Yahya, Iman Brotoseno Diminta Perbaiki TVRI

Memang penunjukan posisi tersebut, kata dia, merupakan kewenangan Dewas TVRI. Namun DPR adalah perwakilan rakyat yang memiliki kewajiban untuk menyuarakan kegelisahan rakyat.

Terlebih TVRI melalui siaran-siarannya bisa memengaruhi masa depan wajah peradaban Indonesia. Maka pemimpin TVRI menjadi sangat penting.

"Dengan track record seperti itu, wajar jika ada kegelisahan di masyarakat termasuk kami di Komisi I. Yang dipimpinnya ini Lembaga Penyiaran Publik, bukan lembaga kaleng-kaleng yang tidak memperhatikan soal etika dan moral," pungkasnya. (A-2)

Baca Juga

123rf.com

Ini Istilah Baru Kasus Covid-19, Bukan ODP, PDP, dan OTG

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:45 WIB
Pemerintah memutuskan untuk mengganti penggunaan istilah ODP, PDP, dan OTG menjadi Kasus Suspek, Probable, Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku...
MI/SUSANTO

Dukung Kemenkes, Klinik SehatQ Sesuaikan Tarif Rapid Test

👤Dwi Tupani 🕔Selasa 14 Juli 2020, 12:32 WIB
"Mengacu pada kebijakan pemerintah, Klinik SehatQ pun kini menawarkan harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat untuk menjalani...
ANTARA/Aditya Pradana Putra

Wapres Harap Vaksin Covid-19 Segera Tersedia

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 11:38 WIB
Vaksin dan obat yang masih diteliti menyebabkan angka kasus penderita dan kematian akibat covid-19 terus meningkat di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya