Rabu 02 Maret 2016, 02:50 WIB

Inflasi di DKI Jakarta Terkendali

Administrator | Megapolitan
Inflasi di DKI Jakarta Terkendali

ANTARA\/Puspa Perwitasari

 

SELAMA dua bulan pertama di 2016, inflasi DKI Jakarta rendah setelah pada Januari infl asi terhitung rendah (0,24%, month to month/mtm). Pada Februari 2016, perkembangan harga-harga di Jakarta bahkan mencatat deflasi sebesar 0,06% (mtm).

Hal itu berbeda dengan data historis kondisi Februari dalam lima tahun terakhir yang mengalami inflasi rata-rata 0,35% (mtm). Deflasi terutama bersumber dari penurunan pada kelompok administered prices akibat kebijakan pemerintah dalam menurunkan tarif tenaga listrik (TTL) dan harga BBM. Langkah pemerintah dalam manajemen stok juga lebih baik, menurunkan biaya distribusi serta ketersediaan pasokan yang memadai. “Penguatan koordinasi Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI serta BUMD yang bergerak di bidang pangan melalui TPID sangat diperlukan untuk memastikan tetap terkendalinya inflasi pada 2016,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Doni P Joewono, dalam rilis yang diterima Media Indonesia, Selasa (01/03). (RO/J-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More