Kamis 28 Mei 2020, 19:36 WIB

Juli, Sekolah di Yogyakarta Jalani New Normal

Ardi Teristi | Nusantara
Juli, Sekolah di Yogyakarta Jalani New Normal

Antara
Pedagang kaki lima di kawasan Malioboro, DI Yogyakarta, Kamis (28/5/2020).

 

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, kegiatan sekolah dengan tatap muka bisa dimulai pada Senin minggu ketiga Juli. Dinas Pendidikan DIY saat ini sedang membuat protokol kesehatan di dunia pendidikan menghadapi keadaan normal baru (new normal).

"Sementara ini rencananya hari Senin ketiga bulan Juli, berbarengan dengan masuknya peserta didik baru," kata Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Kamis (28/5).

Pelaksanaan keadaan normal baru di dunia pendidikan, lanjut dia, harus tetap patuh pada protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, penggunaan hand sanitizer, menjaga kebersihan, hingga menjaga jarak.

Hal yang menjadi pekerjaan rumah adalah terkait penerapan jaga jarak. Dengan aturan ini, siswa-siswa yang tadinya dalam satu rombongan belajar akan dipecah menjadi dua rombongan belajar agar bisa menerapkan jaga jarak.

Misalnya, satu rombongan belajar dipecah menjadi dua, yakni sebagian masuk pagi dan lainnya masuk sore. Atau, separuh tatap muka dan separuh lainnya lewat daring.

"SOP (standard operating procedure) sedang disusun dinas pendidikan," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi berharap, para  mahasiswa yang baru datang dari luar daerah untuk segera melapor ke RT. Mahasiswa tersebut akan menjalani pengecekan dan penelusuran riwayat kontak selama dari daerah mereka.

Setelah itu, mereka diminta segera melakukan karantina mandiri. Dengan demikian, pada Agustus, saat perkulihan tahun ajaran baru dimulai, mereka sudah bisa melakukan perkuliahan seperti biasa.

"Akan lebih baik lagi kalau setiap Perguruan Tinggi menyediakan tempat karantina bagi para mahasiswanya yang datang dari luar daerah," kata Heroe. (X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.

Hakim Pengadilan Negeri Bandung Tolak Eksepsi Sunda Empire

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:40 WIB
Sebelumnya, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat meminta agar majelis hakim menolak nota keberatan kuasa hukum Sunda...
Antara/Makna Zaezar

Stok Darah di Banjarmasin Kosong

👤Denny Susanto 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:30 WIB
Palang Merah Indonesia Kota Banjarmasin melaporkan kondisi stok darah yang mengalami kekosongan sejak beberapa waktu...
 ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww.

Polda NTB Belasungkawa atas Meninggalnya Penganiaya Ipda Uji

👤Antara 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:14 WIB
Dijelaskan kembali bahwa almarhum Syamsul Hidayat menghembuskan napas terakhirnya saat sedang menjalani perawatan intensif dari tenaga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya