Kamis 28 Mei 2020, 15:20 WIB

Pendataan BLT DD Kisruh, Kantor Desa Dolik Diamuk Massa

H Ibrahim | Nusantara
Pendataan BLT DD Kisruh, Kantor Desa Dolik Diamuk Massa

MI/H Ibrahim
Petugas Kepolisian menghadang warga Desa Dolik Kabupaten Halmahera Selatan yang berdemo di Kantor Desa Dolik.

 

DIDUGA tidak transparan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa, ratusan warga Desa Dolik, Kecamatan Gane Barat, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, protes dan memalang kantor desa dengan kayu, Selasa (26/5).

Akibat aksi protes itu satu orang warga mengalami luka ringan dan sejumlah fasilitas Kantor Desa seperti kaca jemdela, papan nama kantor desa rusak.

Kapolres Halmahera Selatan, AKBP M. Faishal aris saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Unjukrasa warga Desa Dolik yang menamakan diri Forum Peduli Masyarakat Dolik menggelar aksi spontanitas dengan melakukan pemalangan kantor desa, pelemparan dan membakar ban bekas.

"Akis ricuh ini lantaran warga menilai Pemerintah Desa tidak trasparan dalam penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari anggaran dana desa dalam penangan dampak covid-19," ungkap Faisal Aris, Kamis (28/5)

Menurut Kapolres, sebelumnya kepala desa dan perangkat Desa Dolik telah memberikan sosialisasi dan melakukan pendataan kepada warga mengenai BLT Dana Desa. Kades pun mempersilahkan warga untuk datang ke kantor desa jika masih ada yang kurang jelas.

Namun BLT belum diberikan karena masih menunggu pencairan Dana Desa tahap kedua tersebut. Selain itu, ada beberapa bantuan sosial dari Dinas Sosial yang akan diberikan, sehingga harus dilakukan pemuktahiran data untuk menghindari duplikasi penerimaan bansos. Sehingga  harus tertuang dalam keputusan bersama di rapat desa. Tetapi warga tidak bersabar dan mendesak sehingga terjadi aksi massa.

"Untuk pencairan tahap satu Anggaran Dana Desa sudah digunakn dalam proyek padat karya dengan membangun Pagar," ujar Kapolres.

Hingga saat ini belum ada penetapan tersangka, dikarenakan peyidik perlu keterangan dari saksi-saksi dan menunggu hasil visum korban. (OL-13)

Baca Juga

MI/Widjajadi

ILWA Ajak Pemerintah Benahi Industri Kehutanan dan Furnitur

👤Widjajadi 🕔Rabu 08 Juli 2020, 08:18 WIB
Nilai total industri kayu dan furniture dunia adalah 2 triliun dolar Amerika/tahun. Angka itu kalau dihitung dalam rupiah  adalah...
MI/Denny Susanto

Pasien Korona Sembuh di Kalsel Capai 30%

👤Denny Susanto 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:51 WIB
Kalsel mencatat ada 120 orang pasien covid sembuh yang berasal dari sejumlah rumah sakit dan lokasi karantina. Terbanyak pasien sembuh...
MI/Martinus Solo

Pasien Sembuh Covid-19 Harus Didukung

👤Martinus Solo 🕔Rabu 08 Juli 2020, 07:39 WIB
Empat pasien di Kota Sorong dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Saat di rumah, warga harus mendukung keberadaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya