Kamis 28 Mei 2020, 13:30 WIB

Usai Lebaran, DKI Antisipasi Arus Balik 1,8 Juta Pemudik

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Usai Lebaran, DKI Antisipasi Arus Balik 1,8 Juta Pemudik

MI/ANDRI WIDIYANTO
Petugas memeriksa surat izin keluar masuk (SIKM) untuk masuk wilayah Jabodetabek di KM 47 Tol Cikampek-Jakarta (27/5/2020)

 

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengantisipasi lonjakan kendaraan yang masuk ke Ibu Kota usai Lebaran 2020. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut 1,8 juta orang yang pergi mudik ke luar kota.

"Berdasarkan data kami yang telanjur mudik ada 750 ribu orang. Dari Jasa Marga tercatat kendaraan pribadi (yang mudik) ada 465.550 kendaraan, dikali dua, total 900 ribu lebih. Saat ini jika dijumlahkan dengan orang yang pakai angkutan umum ada 1,8 juta orang. Itu yang kami antisipasi dalam arus balik ini," jelas Syafrin dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta, Kamis (28/5).

Sesuai Peraturan Gubernur No 47/2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, warga diwajibkan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Penjagaan ketat oleh TNI-Polri, Dishub, dan Satpol PP masih terus berlangsung.

Baca juga: Dinas Kesehatan Sebut Rt DKI masih di Angka 1

"Pengecekan kami enggak cuma di ruas jalan, tapi juga di terminal. Satu di terminal tujuan Pulogebang, satu di Stasiun Gambir, dan satunya berjaga di bandara udara (Soekarno Hatta) di Cengkareng," papar Syafrin.

Warga yang bekerja di 11 sektor diperbolehkan dalam aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan keperluan mendesak yang bisa mengurus SIKM. Apabila tidak mengantongi izin tersebut, kendaraan tersebut dipastikan diminta putar balik.

Untuk individu yang nekat masuk ke Jakarta akan dikarantina jika tidak ada SIKM. Sudah delapan orang dari luar daerah dikarantina karena memasuki Jakarta tanpa SIKM. Mereka nekat naik kendaraan masuk ke Ibu Kota pada 26 Mei lalu

"Kita harap bisa terus tekan laju mudik. Kami imbau bagi warga yang sudah telanjut di luar (kota) silakan di sana dulu atau kalau mau balik tolong bawa SIKM. PSBB tahap 3, semua warga yang punya kesadaran kolektif di Jakarta bisa patuhi aturan itu dalam memasuki masa transisi," kata Syafrin. (OL-14)

 

Baca Juga

Medcom.id/Jufriansyah

Pelaku Pembunuhan Editor Metro TV Sempat Mampir ke Warung Sekitar

👤Sri Utami 🕔Minggu 12 Juli 2020, 19:16 WIB
Hingga Minggu (12/7) sebanyak 20 saksi telah diperiksa. Para saksi merupakan teman dan keluarga...
Antara/Aditya Pradana

Anies Ancam Lakukan 'Rem Darurat' Jika Masyarakat Ogah Disiplin

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 12 Juli 2020, 17:45 WIB
Anies mengungkapkan positivity rate Jakarta per hari ni mencapai 10,5%. Angka ini meningkat dua kali lipat dibandingkan positivity rate...
MI/RAMDANI

Kasus Korona Terus Melonjak, Positivity Rate Jakarta Lampaui 10%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 12 Juli 2020, 17:15 WIB
Anies pun meminta masyarakat disiplin dan tidak menyepelekan covid-19. Masyarakat diminta untuk tetap serius menerapkan protokol kesehatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya