Kamis 28 Mei 2020, 13:28 WIB

Dinas Kesehatan Sebut Rt DKI masih di Angka 1

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Dinas Kesehatan Sebut Rt DKI masih di Angka 1

MI/BARRY FATHAHILLAH
Sejumlah pelanggar aturan menjalani hukuman saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta di Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Kamis.

 

PEMBATASAN Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3 di Jakarta telah berjalan selama sepekan. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebut angka reproduction number (Rt) atau tingkat penularan virus korona masih berada di angka 1.

Angka tersebut berarti masih ada penularan yang terjadi dari satu orang yang terpapar covid-19 kepada satu orang lainnya.

Masih ada sepekan lagi waktu PSBB yang tersisa untuk DKI agar mampu menurunkan angka Rt hingga di bawah 1 yang artinya tidak ada penularan dari orang yang terpapar covid-19. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut bila Rt di bawah 1 maka PSBB bisa dilonggarkan. Bila tidak, bukan tidak mungkin PSBB akan terus diperpanjang karena penularan masih terus terjadi.

"Angkanya fluktuatif, ada di kisaran satu," ungkap Widyastuti, Kamis (28/5).

Widyastuti menyebut pihaknya mengikuti kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan terkait pelonggaran PSBB.

"Saat ini Kemenkes sedang diberi tugas oleh tim pusat untuk membuat indikator. Karena ada banyak indikator yang bisa dipakai untuk membuat kebijakan menghadapi atau melonggarkan atau mengetatkan suatu pembatasan," tuturnya.

Baca juga: DKI Bantah Ajaran Baru Sekolah Mulai 13 Juli

Di sisi lain, pihaknya sudah mengupayakan penguatan di sisi pemeriksaan swab PCR bagi masyarakat. Dinkes DKI sudah membangun laboratorium satelit covid-19 di RSUD Pasar Minggu yang berjejaring dengan 36 laboratorium pemeriksa covid-19 di Jakarta. Sinergi ini meningkat dari sebelumnya 27 laboratorium.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng para ahli untuk menangani wabah.

"Kami dalam rangka menghadapi pandemi, dari awal kami berkolaborasi dengan banyak pihak termasuk organisasi profesi dan ahli epidemiologi untuk penguatan dalam tim gugus," tegasnya. (A-2)

Baca Juga

MI/M Soleh

Polri Bakal Copot Oknum Pemberi Surat Jalan Joko S Tjandra

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:23 WIB
"Jadi hari ini sedang diperiksa, sore ini selesai pemeriksaan, jika terbukti akan dicopot dari jabatan," tegas Kadiv Humas Polri...
MI/PIUS ERLANGGA

SIKM Ditiadakan, Warga Jakarta Diminta Isi Aplikasi CLM

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:15 WIB
Kemudian, lanjut Syafrin, mesin akan memberi jawaban terkait aman atau tidak warga untuk melakukan...
MI/Pius Erlangga

Negatif Korona, 47.650 WNI Repatriasi Dipulangkan ke Daerah Asal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:11 WIB
WNI yang dipulangkan tersebut merupakan pekerja migran Indonesia dan awak anak buah kapal (ABK) dari kapal berbendera...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya