Kamis 28 Mei 2020, 13:30 WIB

Kedai Kopi di Korea ini Gunakan Robot Barista

Bagus Pradana | Weekend
Kedai Kopi di Korea ini Gunakan Robot Barista

AFP/JUSTIN SULLIVAN
Robot Barista di California, AS. Robot semacam ini juga digunakan di sebuah kafe di Korea Selatan

SEBUAH kafe di Kota Daejeon, Korea Selatan mempekerjakan robot pembuat kopi (barista) untuk melayani pelanggannya dan menaati aturan pemerintah terkait pembatasan jarak sosial.

Robot Barista tersebut hadir untuk menggantikan tugas para barista yang kemungkinan besar sangat berisiko terpapar maupun menularkan virus korona pada pelanggan.

Robot yang dilengkapi dengan sensor built in ini mampu melayani berbagai pesanan pelanggan dengan gesit  dalam mode self-driving. Perangkat canggih ini bahkan mampu mengantar 60 jenis pesanan minuman dari pelanggan dalam sekali jalan.

Satu-satunya karyawan manusia di kafe tersebut adalah seorang operator patissier yang berada dilantai dua. Dia bertugas  membersihkan serta mengisi ulang berbagai bahan-bahan yang dibutuhkan oleh robot-robot ini.

Berbagai terobosan inovatif banyak dihadirkan oleh masyarakat Korea Selatan setelah bulan lalu pemerintah melonggarkan kebijakan pembatasan sosial di beberapa kawasan area publik seperti kafe, restoran, bahkan hingga sekolah.

Salah satu inovasi yang cukup aman untuk menjaga jarak sosial dan banyak diminati masyarakat adalah penggunaan robot. Menurut Vision Semicon, salah satu pengembang teknologi robotic di Korea Selatan, robot sangat berguna untuk mengatasi masalah teknis di masa pandemi seperti ini.

"Sistem robotic yang kami gunakan sangat sederhana, orang-orang hanya tinggal memesan dan duduk di meja yang telah kami atur sedemikian rupa, nanti robot barista akan segera memproses pesananmya dan mengantarkan pesanan kopi tersebut kepada pelanggan. Mekanisme ini sangat cocok untuk meminimalisir kontak sosial," ungkap Lee Dong-bae, direktur penelitian Vision Semicon seperti dilansir dari dailymail.co.uk, Rabu (27/5).

Selain itu, Vision Semicon juga telah mengonfirmasi bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan memasok kembali setidaknya 30 unit robot barista untuk jenis yang sama di kafe-kafe Korea Selatan sampai akhir tahun ini.

Namun, seorang pelanggan di kafe tersebut khawatir penggunaan robot ini bisa mengambilalih pekerjaan manusia. "Robot itu menyenangkan dan pelayanannya juga baik, karena Anda tidak harus mengambil pesanan sendiri Tapi saya juga agak khawatir dengan pasar tenaga kerja kita ke depannya, karena banyak teman saya yang melakukan pekerjaan paruh waktu di kafe-kafe seperti ini, dan saya khawatir tentang nasib mereka jika pekerjaannya digantikan robot-robot ini," ungkap Lee Chae-mi, 23, seorang pelanggan di kafe tersebut.

Korea Selatan adalah salah satu negara di Asia yang sempat menjadi episentrum awal penyebaran virus korona. virus tersebut telah menginfeksi sebanyak 11.000 orang di negara itu dan telah menewaskan sekitar 270 orang. Namun, berkat kesigapan pemerintah mengantisipasi penyebaran virus ini, Korea Selatan pun menjadi salah satu negara yang berhasil bertahan di tengah badai pandemi. Hingga akhirnya pada April - Mei, Pemerintah Korea Selatan pun sepakat untuk melonggarkan kebijakan pembatasan sosial. (M-4)

Baca Juga

Unsplash/ Rahul Dey

Hal yang Bisa Tingkatkan Risiko Kematian saat Mendaki Gunung

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 15 Juli 2020, 06:30 WIB
Tewasnya sejumlah pendaki harus menjadi pelajaran bagi mereka yang juga berencana kembali naik...
Unsplash/ Angga Ranggana Putra

Kaset Lawas ‘Super Mario Bros’ Cetak Rekor Penjualan Gim

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 14 Juli 2020, 16:50 WIB
Rekor itu tercipta dengan harga US$114.000 (Rp. 1,6 miliar) di Lelang gim di Heritage Auctions, Texas, Amerika...
AFP

Babak Baru Eksplorasi Planet Merah Segera Dimulai

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 14 Juli 2020, 14:30 WIB
Armada yang dibangun Amerika Serikat, Tiongkok, dan Uni Emirat Arab akan dikirim dalam perjalanan selama tujuh bulan selama beberapa minggu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya