Kamis 28 Mei 2020, 10:33 WIB

Bagi-Bagi Masker, GSUI Bantu UMKM Sekaligus Cegah Korona

mediaindonesia.com | Humaniora
Bagi-Bagi Masker, GSUI Bantu UMKM Sekaligus Cegah Korona

Dok: GSUI
Pembagian masker untuk zona merah sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus korona

 

PROGRAM bagi-bagi 10.000 masker yang diinisiasi oleh Gerakan Rp1000 untuk Indonesia (GSUI) bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus korona (covid-19) sekaligus membantu perekonomian pengusaha yang terdampak pandemi.

Sejak diumumkan kasus pertama di 2 Maret 2020 hingga 19 Mei 2020 tercatat ada 18.496 kasus covid-19 di Indonesia dengan 6 daerah prioritas terdampak yaitu DKI Jakarta, Makassar, Banten, Bandung, Semarang dan Surabaya. 

"10.000 masker kain akan kami distribusikan kepada para pemulung, tukang gerobak, pengemudi kendaraan umum, dan warga lain yang kurang beruntung," kata Ketua GSUI Muhanto Hatta melalui siaran pers, Kamis (28/5).

Baca juga: Pergi tanpa Masker, Langsung Rapid Test

Pria yang biasa disapa Ancho ini pun menjelaskan pelibatan pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memproduksi masker secara massal. Hal ini ditujukan untuk membantu para pengusaha yang terdampak pandemi covid-19 dalam sosial dan ekonomi mereka. 

“Wabah korona tidak hanya berdampak dapat kesehatan, tapi juga ekonomi dan sosial. Maka dengan donasi yang kami terima dari banyak pihak melalui rekening bank GSUI, kami mengolahnya agar bermanfaat untuk membantu mengatasi 3 masalah yang ada, yaitu kesehatan, sosial, dan ekonomi. Dengan melibatkan warga pengusaha mikro dalam pembuatan masker, setidaknya gerakan ini ikut andil membantu memberdayakan ekonomi kerakyatan,” ungkapnya.

GSUI juga mengikuti arahan BNPB. Di produksi awal ini, pihaknya membuat 10.000 masker yang akan didistribusikan di 10 kota berstatus zona merah seperti Jakarta, Bogor, Banten, Bandung, Surabaya dan Makassar.

Lebih lanjut, Ancho mengatakan sejak didirikan di awal Maret 2020, GSUI bergerak dengan dana yang dikumpulkan dari para donatur.

“Masih banyak yang perlu kita lakukan bersama untuk ikut menuntaskan pandemik virus korona ini dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung gerakan ini dengan memberikan sumbangan ide, waktu, tenaga dan donasi," tuturnya.

Bagi yang ingin berdonasi bisa dikirimkan ke rekening BNI No. Rek 320.420.520.2 a/n Gerakan 1000 Untuk Indonesia. Gerakan ini diharap bisa menginspirasi teman-teman di berbagai provinsi untuk memulihkan kesehatan, sosial serta ekonomi di lingkungannya.

“Semua harus ada yang memulainya. Dan mulailah dari lingkungan terdekat. Jika semua dilakukan serentak, kita pasti bisa mengenyahkan covid-19 dari bumi Indonesia tercinta,” pungkasnya.(RO/OL-5)

Baca Juga

MI/M. Irfan

Lindungi Pekerja Informal, RUU PPRT Mendesak Disahkan

👤Antara 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:19 WIB
Pekerjaan rumah tangga merupakan pekerjaan yang rawan dan rentan dalam perlindungan hukum karena masih ada ditemukan...
Dok. Pribadi

SMP Ini Kembangkan Digital Islamic School Bentuk Karakter Pelajar

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:14 WIB
’’Kami membuat Al-Azka Digital Islamic School yang unggul, ’ kata Uus...
Dok. Pribadi

Prosedur Disceel Jadi Opsi Baru Perawatan Herniasi Diskus

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:12 WIB
Fungsi jaringan Diskus sebagai peredam kejut dan menjaga fleksibilitas tulang belakang untuk memudahkan semua gerakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya