Kamis 28 Mei 2020, 05:48 WIB

140 Napi Asimilasi Kembali Berulah

Kautsar Bobi | Politik dan Hukum
140 Napi Asimilasi Kembali Berulah

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Seorang napi asimilasi covid-19 ditangkap polisi dengan barang bukti pencurian di di Polsek Godean, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (6/5/2020)

 

POLISI kembali menangkap lima narapidana yang mendapat asimilasi pencegahan penyebaran virus korona di rumah tahanan. 

"Sebelumnya 135 napi, saat ini terdapat 140 napi asimilasi yang kembali melakukan kejahatan," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan,dalam konferensi pers, di Gedung Bareskrim, Mabes Polri, Rabu (27/5).

Ramadhan menjelaskan para napi tersebut melakukan ragam jenis kejahatan seperti penganiayaan hingga pembunuhaan.

"Pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), perjudian, pembunuhan dan penggelapan," jelasnya.

Sebelumnya, sebanyak 135 napi ditangkap dan tersebar di 25 wilayah. Terbanyak berada di wilayah hukum Polda Jawa Tengah dan Polda Sumatra Utara masing-masing 17 orang. 

baca juga: Napi Kambuh bukan Tanda Asimilasi Gagal

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membebaskan 38 ribu narapidana. Hak asimilasi dan integrasi warga binaan diberikan untuk menyelamatkan mereka dari ancaman penyebaran virus korona di balik jeruji. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengklaim program pemberian hak asimilasi dan integrasi kepada narapidana berjalan mulus. Dia menilai program tersebut tidak memberikan ancaman kepada negara.

"Ada yang bilang program ini gagal dan mengancam keamanan nasional. Saya rasa sebaliknya. Ini bukti koordinasi pengawasan berjalan baik," kata Yasonna di Jakarta, pada 13 April 2020.

Yasonna mengatakan beberapa narpidana yang kembali berulah tidak berarti programnya gagal. Penegak hukum akan memberikan sanksi tegas kepada narapidana yang kembali berulah. (OL-3)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal lingga

Kapolri ke Lulusan Akpol : Ucapkan Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

👤Tri Subarkah 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:07 WIB
Mantan Kabareskrim tersebut memaparkan agar dapat dihargai, para perwira muda tersebut harus sering mengucapkan kata tolong, maaf, dan...
MI/Sumaryanto Bronto

Ketua Ombudsman RI Lolos Uji Kualitas Seleksi Calon Anggota KY

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 06 Juli 2020, 22:50 WIB
"Dari 107 orang peserta seleksi kualitas online pemilihan calon anggota Komisi Yudisial, yang dinyatakan lulus sebanyak 55...
MI/Susanto

Kuasa Hukum Janji Bisa Hadirkan Ki Gendeng Pamungkas di Sidang MK

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Juli 2020, 21:41 WIB
Menurutnya, Ki Gendeng Pamungkas yang merupakan kliennya berbeda dengan Iman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya