Rabu 27 Mei 2020, 21:03 WIB

Pelatnas Taekwondo Bersiap Hadapi New Normal

Rahmatul Fajri | Olahraga
Pelatnas Taekwondo Bersiap Hadapi New Normal

Antara/Akbar Nurgoho Gumay
Suasana Pelatnas taekwondo sebelum pandemi covid-19

MANAJER tim nasional taekwondo Indonesia Pino Indra mengatakan pemusatan latihan nasional menuju Olimpiade Tokyo akan bersiap menghadapi tahap kenormalan baru. Indra mengatakan protokol medis telah disiapkan untuk kembali menggelar pelatnas secara terpusat di tengah pandemi korona.

Para taekwondoin harus menjalani latihan mandiri di mess dan dipantau melalui video telekonferensi sejak pertengahan Maret imbas pandemi virus korona atau covid-19.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemempora) juga mulai mempersiapkan protokol kegiatan olahraga nasional dalam menghadapi masa new normal di tengah pandemi korona.

Berdasarkan kajian awal pemerintah terkait penerapan normal baru, kegiatan olahraga outdoor masuk fase III yang dimulai pada 15 Juni. Namun, Menpora masih menunggu izin dari gugus tugas perihal kepastian jadwal kompetisi bisa kembali dimulai.

Pino mengatakan pihaknya telah mengajukan jadwal pelatnas terpusat pada 1 Juni dengan protokol medis yang ketat, seperti pemberlakuan aturan jaga jarak, penyemprotan disinfektan, dan penyediaan hand sanitizer.

Selain itu, para atlet juga harus dinyatakan negatif covid-19 setelah melalui 2 kali rapid tes. Namun, keinginan itu urung terjadi karena harus mengikuti aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang masih ditetapkan pemerintah DKI Jakarta hingga 4 Juni.

Baca juga : Bintang Blazers Emoh Bermain jika tak Punya Kesempatan ke Playoff

"Saya mengajukan 1 Juni ingin duluan berlatih terpusat di GOR Popki Cibubur dengan syarat jaminan tak ada kerumunan dan menjaga kebersihan. Namun, Kemenpora mengusulkan untuk menunda hingga PSBB dilonggarkan kalau tidak salah 4 Juni," kata Pino, ketika dihubungi, Selasa (27/5).

Lebih lanjut, Indra mengatakan pihaknya harus melalui proses perizinan dari berbagai instansi pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Covid-19, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk melanjutkan pelatnas terpusat.

Ia mengaku akan menunda rencana awal sembari menunggu keputusan pelonggaran PSBB dari pemerintah, ketimbang harus melalui proses yang panjang.

"Jadi malah ribet ngurusnya. Lebih baik nunggu PSBB selesai kalau tidak salah 4 Juni. Kita tunggu beberapa hari," kata Pino.

Lebih lanjut, Pino mengatakan pihaknya tetap mengatur program latihan bagi para taekwondoin meski sejauh ini belum ada kejelasan mengenai kejuaraan yang akan diikuti. Seharusnya, sesuai jadwal ada kualifikasi Olimpiade Tokyo pada 6 Juni di Yordania. Namun, harus ditunda imbas pandemi covid-19.

"Asia Taekwondo Union menunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, tapi saya telah buat programnya untuk pertandingan kira-kira di Desember. Mulai dari latihan strategi dari Juni dan persiapan secara uji coba mungkin pada September," kata Pino. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Federer Menatap Australia Terbuka

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 02:45 WIB
PETENIS asal Swiss Roger Federer optimistis dirinya akan kembali pulih untuk bertanding di Australia Terbuka pada Januari...
ANTARA

Dua Calon Kandidat Berburu Dukungan

👤MI 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 02:25 WIB
KETUA Tim Penjaringan Calon Ketua Umum  PP PBSI Edi Sukarno mengonfirmasi saat ini telah ada dua calon...
AFP

Mundur, Tidak Akan Ada Novak Djokovic di Paris Masters

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 22:36 WIB
Dia beralasan Paris Masters tidak akan menambah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya