Rabu 27 Mei 2020, 18:31 WIB

Kegiatan Ekonomi akan Dihentikan Lagi jika Ada Gelombang Kedua

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Kegiatan Ekonomi akan Dihentikan Lagi jika Ada Gelombang Kedua

Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo saat meninjau kesiapan penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran HI

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan bahwa kegiatan ekonomi di fase kenormalan baru akan dihentikan jika terjadi gelombang kedua penularan covid-19.

"Kalau terjadi gelombang kedua, kegiatan ekonomi akan dihentikan kembali dan aktivitas akan terganggu kembali," ujar Airlangga usai mengikuti rapat terbatas, Rabu (27/5).

Oleh karena itu, kehadiran aparat TNI dan Polri di tempat-tempat umum sangat penting untuk mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dengan pengawasan yang ketat, diharapkan masyarakat akan memiliki kedisiplinan tinggi sehingga risiko penularan covid-19 bisa ditekan dan tidak terjadi gelombang kedua.

Adapun, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan kehadiran TNI dan Polri di berbagai fasilitas publik.

Baca juga : Konsumsi BBM Saat Lebaran Alami Penurunan

Aparat keamanan dilibatkan semata-mata untuk mengingatkan seluruh warga supaya tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama ketika tatanan normal baru nantinya diterapkan.

"Kehadiran TNI dan Polri bukan untuk menimbulkan kekhawatiran, melainkan untuk membantu masyarakat lebih disiplin," tutur Doni.

Di lapangan, ia mengungkapkan anggota TNI dan Polri akan menggunakan pendekatan persuasif dan komunikatif. Contohnya, dalam hal mengimbau masyarakat yang tidak menggunakan masker untuk menggunakan masker.

Mereka juga akan membantu melakukan pengecekan suhu tubuh di tempat-tempat umum yang diberikan pelonggaran. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Fitch Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di Posisi BBB

👤M. Ilham ramadhan Avisena 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:58 WIB
Laporan yang disampaikan Fitch itu berlandaskan penilaian kepada pemerintah Indonesia yang baik dalam menangani krisis di masa pandemi...
Ist/bpjamsostek

Dukung Program Subsidi Upah, BPJAMSOSTEK Himpun Rekening Peserta

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 19:40 WIB
Penerima Program Subsidi Upah ini sedikitnya berjumlah 15,7 juta pekerja yang merupakan peserta aktif BPJAMSOSTEK di seluruh...
DOK BJB

Event Sepeda bjb Cycling DigiCash V-Ride Series 1 Gowes Berhadiah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 11 Agustus 2020, 18:58 WIB
Doorprize tersebut diberikan berdasarkan hasil undian acak yang dilakukan panitia terhadap seluruh peserta yang memenuhi semua...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya