Rabu 27 Mei 2020, 11:09 WIB

Presiden: Tambah Pasukan di Daerah dengan Penularan Tinggi

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: Tambah Pasukan di Daerah dengan Penularan Tinggi

ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI (kiri) dan Kapolri (belakang kanan)

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia menambah pasukan di wilayah-wilayah yang masih memiliki tingkat penularan covid-19 tinggi.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Harapannya, penyebaran virus korona bisa ditekan.

"Seperti di Jawa Timur misalnya. Tambah bantuan aparat di sana agar bisa menekan kurva tidak naik lagi. Masifkan pengujian sampel, agresifkan pelacakan terhadap ODP dan PDP," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Rabu (27/5).

Baca juga: Tekan Penyebaran Covid-19, Dua Mobil Lab Dikirim ke Surabaya

Adapun, daerah-daerah yang telah menunjukkan penurunan kurva penularan seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat dan Gorontalo dan 25 kabupaten/kota lainnya. Karena itu, sekarang tengah disiapkan untuk menjalani tatanan normal baru.

Melalui kebijakan itu, masyarakat di daerah-daerah tersebut akan diperkenakan untuk kembali beraktivitas dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Tatanan normal baru ini juga harus disosialisasikan secara luas sehingga masyarakat tahu harus bagaimana, seperti menjaga jarak, menggunakan masker, rajin mencuci tangan. Kalau itu bisa disosialisasikan secara masif, saya yakin kurva bisa terus diturunkan," jelas presiden.

Jika berjalan dengan baik di daerah percontohan, penerapan tatanan normal baru akan diaplikasikan ke daerah-daerah lain.

"Itu akan kita lihat dari angka dan fakta penularan di lapangan," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Dari 7 Pegawai KPK yang Positif, 2 Orang Masih Lakukan Isolasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:20 WIB
Sebanyak lima orang sudah dinyatakan sembuh, satu orang dalam perawatan di RS, satu lainnya melakukan isolasi mandiri dengan pantauan RS...
MI/M Soleh

Soal Surat Jalan Joko Tjandra, Polri: Tidak Ada Izin Pimpinan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 15 Juli 2020, 15:19 WIB
Surat jalan yang dikeluarkan salah satu biro di Bareskrim merupakan insiatif oknum kepolisian. Polri menegaskan tidak ada izin yang...
MI/Susanto

Telusuri Aset Nurhadi, KPK Periksa Kepala Desa di Padang Lawas

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 15 Juli 2020, 14:59 WIB
Nurhadi diduga memiliki aset perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Padang Lawas. Belakangan, KPK terus melacak aset Nurhadi terkait kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya