Rabu 27 Mei 2020, 10:07 WIB

Ratusan Kendaraan Masuk Jalur Gentong Dipaksa Putar Balik

Kristiadi | Nusantara
Ratusan Kendaraan Masuk Jalur Gentong Dipaksa Putar Balik

MI/Kristiadi
Aparat keamanan meminta semua kendaraan dari arah Jawa Tengah harus putar balik apabila tidak punya surat izin masuk Jakarta.

 

RATUSAN kendaraan yang melintas di Jalur Gentong, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat diminta putar balik oleh petugas gabungan di Pos Letter U Gentong. Ratusan kendaraan ini tidak memiliki surat izin melintas.

Kendaraan yang diputarbalikan selama ini tidak memiliki izin melintas atau hendak kembali setelah mudik.

Kapolsek Kadipaten Ajun Komisaris Erustiana mengatakan, tercatat ada 139 kendaraan roda empat dan roda dua yang diputarbalikkan di Jalur Gantong karena tidak memiliki surat izin masuk ke Jakarta dan Bandung.

"Sekarang ini ada penekanan dari pusat kalau Jakarta tidak menerima pemudik yang mau kembali. Jadi saya kembalikan mereka yang mau melintas di jalur lintas selatan Jabar arah Jateng," kata Erustiana, Rabu (27/5).

Erustina mengatakan, kendaraan yang selama ini disuruh putar balik umumnya  roda empat dan mereka beralasan hendak kembali ke kota setelah pulang ke kampung halaman. Namun, petugas mempersilakan kendaraan melintas jika pengemudinya menunjukan surat tugas resmi dari perusahaan, surat keterangan sehat, atau bukti hasil rapid test. 

"Saya imbau warga yang mau balik ke Jakarta, tidak memaksakan diri dan kalau tak ada surat keterangan, tidak boleh masuk ke Jakarta lagi. Karena itu kita balikan di sini, daripada nanti sudah sampai Jakarta dikembalikan," ujarnya.

baca juga: Sulitnya Menembus Barikade Menuju Ibu Kota

Berdasarkan pantauan pada arus balik berasal dari Bandung dan Jakarta tujuan Tasikmalaya menuju arah Jateng maupun arah sebaliknya melalui lintas Gentong pada lebaran ke dua dan ketiga sudah banyak kendaraan memutar balik. Sementara itu, petugas juga kembali memutar balik kendaraan dari pos Karangresik tujuan Tasikmalaya dari arah Ciamis. Kendaraan didominasi paling banyak berplat D, B, R, F, AB dan A. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rendra

Pandemi juga Menyasar Kepala Daerah

👤Usman Affandi 🕔Jumat 27 November 2020, 03:30 WIB
Bupati Situbondo meninggal dalam perawatan. Bahaya belum...
MI/Puji Santoso

Tiga Kandidat Menuju Kursi Rektor USU

👤PS/N-2 🕔Jumat 27 November 2020, 03:20 WIB
Proses penyaringan dilakukan oleh Senat Universitas Sumatera Utara. Ada empat calon yang harus diseleksi menjadi tiga...
Dok,. Danone Indonesia

Pabrik Sarihusada DIY Kembali Pertahankan Penghargaan OPEXCON 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 27 November 2020, 03:15 WIB
inovasi dan proses perbaikan yang berkelanjutan dalam pelaksanaan operasional bisnis adalah komitmen Sarihusada, sejalan dengan Danone...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya