Rabu 27 Mei 2020, 09:47 WIB

IHSG Kembali Menghijau, Sentimen Positif Terus Berlanjut

Despian Nurhidayat | Ekonomi
IHSG Kembali Menghijau, Sentimen Positif Terus Berlanjut

ANTARA
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (27/5) masih menghijau pada hari kedua sejak pembukaan perdagangan kemarin.

 

PERGERAKAN Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Rabu (27/5) masih menghijau pada hari kedua sejak pembukaan perdagangan kemarin.

Berdasarkan pantauan pada pukul 09.00 WIB, IHSG dibuka naik 0,04% atau 2,03 poin ke posisi 4.628,83. Hasil ini pun melanjutkan hasil rebound pada penutupan kemarin, Selasa (26/5) di mana IHSG naik 1,78% atau 80,85 poin ke posisi 4.626,80.

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan kenaikan IHSG masih dibayangi oleh sentimen dari arus modal asing keluar (capital outflow). Namun, mengingat kondisi perekonomian yang masih berada dalam kondisi stabil, maka momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh investor untuk melakukan akumulasi pembelian dengan target jangka pendek.

"Hari ini IHSG berpotensi kembali mengalami teknikal rebound," ungkap William dilansir dari riset hariannya.

Sentimen positif pasar dari dalam negeri menyambut pernyataan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo yang mengatakan pandemi covid-19 berdampak besar terhadap sistem ekonomi dan keuangan Indonesia. Namun, diyakini kerja sama dan koordinasi yang baik akan menghasilkan kekuatan untuk melewati pandemi.

Melalui koordinasi BI dapat menggunakan seluruh instrumennya agar dapat mengelola perekonomian yang terdampak covid-19. Hal senada juga terlontarkan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati hubungan erat dan rasa saling percaya merupakan faktor penting di tengah pandemi. Sri Mulyani yakin Indonesia mampu melewati wabah covid-19 ke arah yang lebih baik.

Meskipun demikian, hal yang berbeda diungkapkan oleh riset Valbury Sekuritas. IHSG diperkirakan melemah pada perdagangan hari ini sejalan dengan potensi pasar global terutama Asia diperkirakan melemah.

"Utamanya katalis indeks berjangka Wall Street bergerak terbatas dan rentan menurun ditengah terbatas rilis data ekonomi terutama AS pada hari ini serta laporan laba perusahaan yang diperkirakan di bawah performa," tulis Valbury Sekuritas dari laman resmi.

Baca juga: Bappenas: Konsultasi Triwulanan untuk Sinergi Lawan Covid-19

Dari pasar dari luar negeri, sentimen kini berkutat pada keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menghentikan sementara pengujian obat malaria hydroxychloroquine sebagai obat untuk covid-19. Presiden Donald Trump telah mengggunakan hydroxychloroquine untuk mencegah covid-19 dan mempromosikan.

WHO sebelumnya tidak merekomendasikan penggunaan hydroxychloroquine untuk mengobati maupun mencegah infeksi virus korona, karena belum ada uji klinis yang membuktikan bahwa obat efektif menyembuhkan korona.

Uni Eropa (UE) menyasar raksasa teknologi dari Silicon Valley, Amerika Serikat (AS), mulai dari Facebook, Amazon, hingga Google untuk membayar pajak lebih besar demi membantu pemulihan krisis ekonomi akibat pandemi korona. UE disebutkan bakal mengumumkan anggaran belanjanya pekan ini dan tengah mempertimbangkan beberapa sumber pendapatan baru seperti pajak tambahan dari perusahaan digital, dan pajak emisi karbon. (A-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/ P

2 Langkah Garuda Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:50 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan untuk inisiatif jangka pendek antara lain melakukan optimalisasi pendapatan...
Antara/Indrayadi

Diukur dari Beras, Kemandirian Pangan Indonesia Timur Rendah

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:44 WIB
Berdasarkan indeks ketahanan pangan, tingkat kemandirian pangan wilayah Papua hanya sebesar 1,8%. Perum Bulog menilai potensi sagu di...
MI/Supardji Rasban

Buwas: Indonesia Mampu Hadapi Ancaman Krisis Pangan

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 14 Juli 2020, 13:32 WIB
Ancaman krisis pangan terjadi di beberapa negara termasuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya