Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB

Presiden Minta Disiplin Sosial Protokol Kesehatan Diperketat

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Minta Disiplin Sosial Protokol Kesehatan Diperketat

MI/ANDRI WIDIYANTO
Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) kembali menggelar lapaknya di Jl.Percetakan Negara II, Johar Baru, Jakarta, Kamis (21/5).

 

PRESIDEN Joko Widodo memutuskan untuk memperketat kedisiplinan sosial di masa pandemi covid-19.

Protokol kesehatan akan diberlakukan di semua sektor aktivitas mulai dari pemerintahan, perekonomian hingga keseharian masyarakat.

"Disiplin sosial protokol kesehatan merupakan sikap dan komitmen untuk mengendalikan dan mencegah persebaran covid-19," ujar Staf Khusus Kepresidenan Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman melalui keterangan resmi, Rabu (27/5).

Dalam upaya tersebut, pemerintah melibatkan TNI/Polri dengan harapan kebijakan yang diterapkan bisa berjalan dengan efektif.

"TNI/Polri merupakan aparatur negara yang memiliki kompetensi dalam upaya peningkatan disiplin sosial. Mereka bertugas untuk mendorong agar mekanisme dasar dari tata cara protokol kesehatan bisa terserap oleh seluruh individu di setiap arena aktivitas seluruh bangsa Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Siapkan Tatanan Normal Baru

Dua instansi tersebut, dalam pelaksanaannya, akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan organisasi nonpemerintah, Gugus Tugas pusat/daerah, dunia usaha hingga media.

Jika disiplin sosial protokol kesehatan bisa terwujud sebagai norma sosial baru, sambung Fadjroel, Indonesia bisa meraih dua keuntungan besar sekaligus.

"Pertama adalah adanya norma sosial baru yang menjaga Indonesia dari ancaman pandemi covid-19. Yang kedua, keberlanjutan hidup bangsa Indonesia tidak terpuruk pada masalah baru sebagai dampak wabah seperti masalah krisis ekonomi, ketahanan pangan dan pendidikan anak-anak bangsa," tandasnya. (A-2)

Baca Juga

MI/MOHAMAD IRFAN

Komisi III Sepakat RUU Perampasan Aset Dibutuhkan

👤Putra Ananda 🕔Senin 13 Juli 2020, 01:20 WIB
RUU Perampasan Aset merupakan solusi untuk membatasi buronan koruptor mengakses harta mereka di tengah proses pelarian dari...
ANTARA/Asep Fathulrahman

RUU PKS Harus Masuk Prolegnas Prioritas

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Senin 13 Juli 2020, 00:51 WIB
Lestari mengatakan partai NasDem bertekad akan mengawal proses pembahasan RUU PKS agar kembali disertakan masuk dalam Prolegnas Prioritas...
Antara

Didampingi KSAD, Prabowo Titip Pesan Ke Siswa Taruna Nusantara

👤Ant 🕔Minggu 12 Juli 2020, 23:35 WIB
Ia mengingatkan bahwa pendidik bukan hanya bertugas mencetak lulusan yang cerdas, tapi juga memupuk rasa cinta Tanah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya